Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Buah Kuini Bepira, Buah Khas Kutai Kartanegara yang Menginspirasi Batik

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Buah kuini bepira adalah buah khas dari Kutai Kartanegara (Kukar) yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini juga menjadi inspirasi bagi Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kukar, Thaufiq Zulfian Noor, untuk menciptakan batik motif kuini bepira.

Batik motif kuini bepira ini merupakan batik cap tulis yang dibuat secara manual, bukan dengan mesin printing. Batik ini memiliki warna dan desain yang menarik, sesuai dengan karakteristik buah kuini bepira.

Baca juga  Desa Sebamban, Bangun Jalan Semenisasi untuk Tingkatkan Konektivitas Antar Kecamatan

“Kita terbuka. Tidak hanya untuk kita. Tapi untuk desain yang awal tadi itu memang hak patennya untuk ke Dinas Koperasi dan UKM,” kata Thaufiq Selasa (10/10/2023).

Thaufiq mengaku, ia bersama timnya akan mengembangkan desain-desain baru dengan motif kuini bepira. Saat ini, sejumlah desain sudah dipersiapkan dan siap disosialisasikan kepada masyarakat.

Baca juga  Di Bawah Kepemimpinan Edi - Rendi Pemkab Kukar Tuai Pujian Warga Karena Sejahterakan Petani

“Kita akan lakukan pengembangan-pengembangan. Cuman tetap dengan motif kuini bepira,” ujarnya.

Bagi yang ingin memesan batik motif kuini bepira ini, bisa langsung menghubungi Thaufiq melalui WhatsApp di nomor 08125807288. Ia juga akan mengurus Hak Atas Kekayaan Intelektual atas batik khas Kutai ini dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

“Makanya tadi hadir Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada saat launching,” tuturnya.

Baca juga  DWP dan DP3A Kukar Gelar Pelatihan Public Speaking

Proses pembuatan batik motif kuini bepira ini membutuhkan waktu sekitar tiga minggu untuk 100 pcs. Batik ini akan dipatenkan sebagai pakaian dinas Diskop-UKM Kukar. Namun, ia juga terbuka untuk menerima pesanan dari instansi dan masyarakat lain yang berminat dengan batik ini.

“Estimasi dalam tiga minggu mungkin insyaallah 100 pcs bisa kita pesan,” ungkapnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id