Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Erau Pelas Benua Pemarangan Jembayan, Upaya Melestarikan Budaya Kutai

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Erau Pelas Benua Pemarangan Jembayan tahun 2023 resmi dibuka oleh kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Haji Aji Pangeran Hario Surya Adi Kusuma di Lapangan Sungai Lerek Dusun Margasari, Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu, Rabu (25/10/2023). Acara ini merupakan bentuk penghormatan dan pelestarian adat istiadat wilayah Kutai.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Bidang Administrasi Umum Dafip Haryanto, Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi penyelenggaraan Erau Pelas Benua Pemarangan Jembayan. Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tradisi, tetapi juga untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah dan desa.

Baca juga  Enam Perusahaan Kerja Sama dengan Pemkab Kukar di Sektor Pertanian Jagung

“Kita berharap acara pembukaan ini terlaksana dengan lancar sebagaimana telah direncanakan serta membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,” kata Edi Damansyah.

Edi Damansyah juga mengatakan bahwa Erau Pelas Benua Pemarangan berkaitan dengan program Kukar Berbudaya dan Kukar Kaya Festival (K3F) yang menjadi salah satu visi misi Kukar Idaman. Program ini bertujuan untuk menjadikan seluruh wilayah di Kabupaten Kukar sebagai pusat penggerak budaya, tradisi, adat istiadat dan pengembangan karya seni yang bernilai tinggi.

Baca juga  Samboja, Kecamatan Pesisir Kukar, Jadi Pusat Perikanan dan Rumput Laut

Erau Pelas Benua Pemarangan Jembayan diawali dengan prosesi tepong tawar yang ditandai dengan pemukulan gendang oleh kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari dengan berbagai kegiatan seperti lomba adat, seni budaya, olahraga, pameran produk unggulan desa, dan hiburan rakyat.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id