Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Abdul Rohim Mendorong Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan di Samarinda

Samarinda – Faktaborneo.com – Sebagai bagian dari peringatan Hari Pangan Sedunia, Pemerintah Kota Samarinda baru-baru ini mengadakan Gebyar Pangan Murah (GPM) di halaman parkir Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda pada Senin (16/10/23).

Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda Abdul Rohim.Politikus Partai Keadilan Sosial (PKS), memberikan dukungan kuat terhadap GPM sebagai langkah penting untuk mengatasi masalah inflasi dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Namun, dalam pandangannya, perlu adanya langkah-langkah jangka panjang dalam mengatasi tantangan dalam sektor pertanian, terutama terkait dengan perubahan iklim.

Baca juga  Banyak Sekolah Masih Berada di Kawasan Rawan Bencana, Puji Minta Tindak Lanjut

Rohim menekankan perlunya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda untuk merancang strategi berkelanjutan guna mengurangi ketergantungan pada pasokan pangan dari luar kota.

“Makanya kita harus meningkatkan alokasi anggaran untuk sektor pertanian dan memberikan pelatihan kepada petani lokal. Hal ini bertujuan agar Samarinda dapat lebih mandiri dalam memproduksi kebutuhan pangan dan tidak terlalu bergantung pada pasokan dari luar,” terangnya.

Baca juga  Politisi Partai Nasdem Celni Pita Sari Dorong Perpanjangan Masa Kerja Pansus 3 Kebakaran

Tak hanya itu, Rohim mencatat bahwa beberapa kota telah berhasil mengadopsi diversifikasi pangan, seperti program “sehari tanpa nasi” yang menggantikan makanan pokok dengan jagung. Dia juga mengusulkan pengembangan praktik pertanian perkotaan (urban farming) dan pemrosesan serta distribusi pangan di komunitas setempat, dengan contoh nyata berupa budidaya kangkung sebagai upaya menjaga stabilitas inflasi di daerah tersebut.

Baca juga  Anhar Soroti Kekurangan Target Ruang Terbuka Hijau dalam RTRW Kota Samarinda

“Ke depannya kami berharap dapat berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk mengimplementasikan solusi-solusi ini,” pungkas Abdul Rohim.(ADV/ DPRD Samarinda)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id