Search
Close this search box.

Rabu, 18 September 2024

Distanak Kukar Ambil Sample darah Ratusan Ekor Sapi Jelang Ramadan untuk Cegah PMK

Faktaborneo.com – Kutai Kartanegara – Pengambilan sampel darah dilakukan sebelum memasuki Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah. Sebab jumlah konsumsi daging di kalangan masyarakat bakal meningkat dari hari-hari biasa. 

Dokter Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Gunawan Nanang mengatakan pengambilan sampel darah ini merupakan permintaan dari Distanak Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kukar menjadi salah satu lokusnya. 

Total ada 100 sapi yang diambil sampel darahnya, meliputi dua wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Tenggarong Seberang dan Loa Kulu.

Baca juga  Program Unggulan Kelurahan Timbau, Atasi Stunting dan Perbaiki Infrastruktur

UPT Puskeswan Tenggarong Seberang juga meliputi Sebulu dan Muara Kaman, sedangkan UPT Loa Kulu cakupannya Tenggarong dan Loa Janan. 

“Yang UPT Puskeswan Tenggarong Sebrang hari ini dilaksanakan pengambilan itu. Kemudian yang UPT Puskeswan Loa Kulu itu kemarin dan hari ini,” jelas Gunawan, Jumat (08/03/2024)

Dirinya juga menjelaskan, tujuan pengambilan sampel darah sapi, untuk melihat titer antibodi dan memastikan apakah sapi yang diambil sampel darahnya terindikasi PMK atau tidak. Lanjutnya, Rata-rata, yang diambil sampel darahnya adalah sapi yang telah divaksin PMK dan sudah mendapatkan vaksin ketiga atau booster pertama. 

Baca juga  Sembilan Anggota BPD Desa Tani Baru Kukar Dilantik, Ini Harapan Asisten I Pemkesra

Dengan upaya ini diharapkan tidak ada penyakit yang mengikuti, kemudian titer vaksinnya masih berada di level aman. Wabah PMK hingga kini masih harus terus diantisipasi agar tidak menyebar dari satu hewan ke hewan lainnya. 

“Bukan berarti sekarang lebih rendah (persentase PMK), karena ada indikasi sapi yang tidak divaksin itu kemungkinan kena PMK. Vaksin itu betul-betul menjaga sapi agar tidak terjangkit,” imbuhnya

Ia menyebut Kukar sampai saat ini masih bergantung dengan distribusi sapi dari luar Kalimantan, seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali.

Baca juga  Pertama di Indonesia, Kabupaten Kutai Kartanegara Susun Indeks Kompetensi Digital ASN 2023

“Kukar itu endemis PMK dan bisa jadi ya ketular, karena baru vaksin pertama (ketika masuk ke Kukar). Tapi saya pastikan sampai saat ini saya nyatakan di Kukar tidak ada PMK, karena sapi-sapinya sudah booster kedua,” terang Gunawan. 

Dirinya mengimbau para peternak bisa melapor ke Distanak Kukar jika memiliki sapi yang baru didatangkan dari luar pulau, supaya bisa segera diberi suntikan vaksin dan melindungi hewan ternaknya agar tidak terjangkit penyakit menular. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id