Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Kecamatan Tenggarong Seberang Siap di Mekarkan Sesuai Arahan Bupati Kukar

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Kecamatan Tenggarong Seberang merupakan salah satu daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yang mendapatkan arahan langsung dari Bupati Kukar, untuk melakukan pemekaran di wiliyahnya.

Camat Tenggarong Sebrang, Tego Yuwono, pemekaran tersebut menjadi sebuah langkah penting untuk mengatasi peningkatan jumlah penduduk serta memudahkan urusan administrasi masyarakat.

“Bupati sudah menyuruh kami untuk malakukan pemekaran Kecamatan Tenggarong Sebrang di tahun ini,” terang Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono pada, Senin (15/04/2024).

Baca juga  Produk Lokal Kukar Bersaing di Pasar Internasional, Sayid : Apresiasi Kualitas Unggul

Menurut dia, proses pemekaran tidaklah mudah, mengingat perizinannya harus sampai ke tingkat kementerian.

Namun, pihaknya telah mengidentifikasi dua desa yang siap untuk dimekarkan yaitu Desa Bangun Rejo dan Desa Pariaman. Kedua desa tersebut dipilih karena telah memenuhi syarat penduduk dan infrastruktur yang memadai.

“Karena sudah banyaknya penduduk didaerah tersebut dan sudah memenuhi syarat,” ucapnya.

Baca juga  Camat Sebulu Bidik Pramuka Tergiat Satu di tahun 2023

Upaya percepatan pemekaran Kecamatan, Yuwono mengatakan, bahwa terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah keberadaan minimal 10 desa di satu Kecamatan.

Kendati demikian, proses pemekaran dapat memakan waktu yang cukup lama, bahkan hingga 3 hingga 4 tahun.

“Dengan adanya pemekaran kecamatan, maka dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khusunya pelayanan administrasi,” tambahnya

Baca juga  Rp 9,8 M untuk Kendalikan Inflasi, Bupati Kukar : Jangan Ada yang Tertinggal

Terkahir, Yuwono akan terus memastikan kelancaran proses pemekaran, pihak kecamatan akan segera melakukan kajian. Kajian ini dianggap penting untuk mengevaluasi semua aspek yang terkait dengan pemekaran, termasuk dampak sosial, ekonomi, dan infrastruktur.

“Harapan saya ketika pemekaran ini dapat berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,” harapnya. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id