Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Dispar Kukar Gencar Kembangkan Seni Pertunjukan di Kawasan Cagar Budaya

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Kepala Bidang (Kabid) Promosi Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma menyatakan pihaknya tengah berupaya untuk membangkitkan dan mengembangkan seni pertunjukan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kawasan cagar budaya di Jalan Diponegoro Tenggarong telah menjadi panggung baru bagi seniman-seniman yang ingin mengekspresikan kreativitas mereka.

Dalam sebuah inisiatif yang disambut hangat oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kutia Kartanegara (Kukar), para seniman diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam beragam acara yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Baca juga  TNI dan Pemkab Kukar Sinergi Tingkatkan Ketahanan Pangan

“Kami mengundang para seniman untuk memanfaatkan kawasan cagar budaya sebagai tempat untuk pertunjukan mereka,” ujarnya pada, Selasa (16/04/2024).

Dirinya mengakui, potensi besar yang dimiliki oleh para seniman dan budayawan di Kukar. Terutama di Kecamatan Tenggarong, banyak sekolah, telah turut serta dalam menampilkan bakat-bakat mereka di kawasan cagar budaya tersebut.

“Ini menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain yang belum memiliki kegiatan ekstrakurikuler seni dan budaya untuk mulai mengadakannya,” tambahnya.

Baca juga  Enam Perusahaan Kerja Sama dengan Pemkab Kukar di Sektor Pertanian Jagung

Triyatma mengungkapkan, pertunjukan seni dan budaya di kawasan cagar budaya tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga berdampak positif dengan mendongkrak perekonomian lokal.

Selain itu, acara ini juga menjadi platform promosi bagi kelompok seni dan budaya yang terlibat.

“Dengan seni pertunjukan ini, kami tidak hanya mempromosikan kekayaan seni dan budaya Kukar, tetapi juga menciptakan identitas daerah yang kuat serta meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM,” tandansya. (ADV Diskominfo Kukar)

Baca juga  Bupati Kukar Apresiasi Prestasi Pemuda dan Olahraga di Hari Sumpah Pemuda

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id