Search
Close this search box.

Selasa, 17 September 2024

Kalahkan Monas, Tower Penajam Setinggi 150 Meter Akan Dibangun Dengan Biaya Ratusan Miliar

Desain Tower Penajam yang diunggah oleh Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud (AGM) di akun Instagram miliknya. (Ist)

Penajam Paser Utara, Faktaborneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) dikabarkan sedang merencanakan pembangunan sebuah tower tertinggi di Kalimantan Timur. Biaya pembangunannya pun tak tanggung-tanggung, diperkirakan akan menghabiskan sebesar Rp 150 miliar.

Harga fantastis, yang akan dikeluarkan Pemkab PPU ditengah masa pagebluk saat ini. Dari informasi yang diperoleh, tower tersebut rencananya akan dibangun di kawasan Stadion Panglima Sentik, Kelurahan Nipah-nipah Kecamatan Penajam.

Bahkan Tower Penajam telah digadang-gadang akan mengalahkan tingginya Tugu Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. Seperti diketahui, tinggi monas hanya berkisar 132 meter. Sedangkan Tower Penajam yang akan dibangun Pemkab PPU itu setinggi 150 meter.

Baca juga  Kunjungan Kerja di Kaltim, Jokowi Tinjau Sodetan Akses Jalan ke Ibu Kota Negara Baru

Ditengah situasi keuangan Pemkab PPU yang sedang tidak baik saat ini, sudah tentu pembangunan Tower Penajam menjadi sorotan masyarakat di Benuo Taka.

“Pembangunan tower adalah kewenangan pemerintah kabupaten, akan tetapi dengan kondisi keuangan saat ini diutamakan yang bersifat prioritas saja dulu,” ungkap Ketua DPRD PPU, Jon Kenedi dilansir dari Antara, Senin (30/82021).

Baca juga  Vaksin AstraZeneca Ditolak BPIC Kaltim Karena Haram, Andi Harun : Masih Bisa Digunakan Non Muslim

Menurut Jon, Pemkab PPU seharusnya lebih fokus kepada kegiatan yang dapat dilaksanakan sesuai kemampuan anggaran kas daerah. Pembangunan Tower Penajam baru rencana, sehingga mesti melihat kondisi keuangan yang tersedia di kas daerah.

“Karena masih membutuhkan dana untuk membiayai kegiatan lainnya yang prioritas. Sehingga tidak perlu dipaksakan Kalau anggaran tidak memadai,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten PPU, Edi Hasmoro menyatakan, bahwa pembangunan Tower Penajam diperkirakan akan membutuhkan anggaran sekitar Rp150 miliar. “Skema pembiayaan anggaran tahun jamak (multiyears),” terang Edi Hasmoro.

Baca juga  Tinjau Beberapa Lokasi Pembangunan, Walikota Samarinda Fokus Penanggulangan Banjir

Menilik dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) PPU, disebutkan perencanaan pembangunan Tower Penajam ini dianggarkan pada tahun 2021 ini. Anggaran dalam harga perkiraan sendiri (HPS) lelang paket kegiatan perencanaan pembangunan Tower Penajam sekitar Rp3,7 miliar,

PT. Pandu Persada dari Bandung menjadi pemenang tender perencanaan pembangunan Tower Penajam, dengan nilai sekitar Rp2,9 miliar.

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id