Search
Close this search box.

Selasa, 17 September 2024

PT. BKI dan DPC Iperindo Kaltim Jadi Jembatan Juru Las untuk Mendapatkan Sertifikasi

SAMARINDA, Faktaborneo.com, PT. BKI  atau Perseroan Terbatas Biro Klasifikasi Indonesia Cabang Utama Klas Samarinda  atau bekerjasama dengan DPC Iperindo atau Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia Cabang Kalimantan Timur Sertifikasi Juru Las di Kantor DPC Iperindo Jalan Jelawat Samarinda Selasa (7/3/2023) pagi.

Dimana selama ini juru las yang ada di Kalimantan Timur belum memiliki sertifikasi untuk melakukan pengerjaan pengelasan kapal, meskipun mereka memiliki kemampuan tidak kalah dengan juru las di tempat lain di Indonesia, hanya saja mereka belum bersetifikat jadi kualitas dalam pengelasannya belum diakui secara legalitas.

Direktur PT. BKI Cabang Utama Klas Samarinda Arif Nur Cahyo sangat mengapresiasi terobosan yang di lakukan DPC Iperindo Kaltim. “Ini merupakan terobosan luar biasa dari DPC Iperindo Kaltim dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan kapal di Kalimantan Timur, khususnya di Kota Samarinda, terang Arif Nur Cahyo.

Baca juga  Lagi Asik Mancing, Warga Temukan Mayat Tinggal Tulang Berserakan di Rawa

Arif juga menambahkan ini kegiatan ke tiga yang kita laksanakan, yang pertama kita adakan Marine Surveyor pelatihan selama tiga hari yang dikuti oleh 35 peserta. Yang kedua Pelatihan Marine Inspektor tugasnya mengawasi pengerjaan juru las yang dilaksanakan tujuh hari dan telah menghasilkan tenaga Marine Inspektor yang berkualitas dan terakhir Sertifikasi Juru Las.

Sementara peserta juru las merupakan pekerja yang berada di galangan kapal dan akan dilakukan secara langsung pengujian pengelasan kepada benda uji, diawasi oleh Surveyor BKI dan Marine Inspektor. ” untuk hasilnya akan kita uji di Laboratorium dengan X-ray atau sinar laser, jika hasilnya memenuhi aturan yang ada maka akan kita berikan Sertifikat Juru Las sesuai dengan posisi yang diminta, Jelas Arif.

Baca juga  HUT ke-17, DPC Hanura Kota Samarinda Gelar berbagai macam kegiatan

Sementara itu DPC Iperindo Kalimantan Timur berperan aktif dalam meningkatkan mutu dan kualitas galangan -galangan yang ada di Samarinda agar bisa sejajar dengan galangan lain yang ada diluar Kaltim, seperti di Surabaya, Jakarta dan Batam. Bahkan bukan hanya pengelasan, DPC Iperindo Kaltim juga peduli kepada Keselamatan, Bangunan Baru dan Kontruksi Kapal supaya supaya bisa secara mutu dan kualitas sejajar dengan galangan lain.

Baca juga  LPADKT-KU Tanam 1.000 Pohon dalam Rangkaian Hut Ke-23 Tahun

Kegiatan ini juga untuk memajukan perkapalan dan dunia marine di Indonesia bagian timur. Sekretaris DPC Iperindo Kalimantan Timur Muhammad Budiansyah berharap Kaltim sebagai poros pembangunan kapal di Indonesia bagian timur.

“DPC Iperindo Kaltim berperan aktif untuk mengkordinasikan seluruh galangan kapal yang ada di Kaltim, agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas dalam pembangunan kapal, terang Muhammad Budiansyah.

DPC Iperindo Kaltim berharap dengan adanya Sertifikasi Juru Las, kedepan galangan kapal yang ada di Kaltim bisa sejajar dengan galangan kapal di wilayah lain, bahkan bisa bersaing di Internasional seperti di Singapura dan Malaysia.

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id