Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

DPRD Samarinda Dorong Pemkot Berinovasi Dalam Sektor Pangan

Samarinda – Faktaborneo.com – Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Abdul Rohim, mendorong Pemerintah Kota Samarinda untuk terus berinovasi dalam mengatasi isu ketahanan pangan di wilayahnya. Sebagai langkah berkelanjutan setelah Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda, Rohim menegaskan pentingnya adopsi strategi jangka panjang guna mengatasi gejolak kekeringan yang memengaruhi sektor pertanian. Jumat, (10/11/23)

Baca juga  Tidak Ada Pelanggaran, Mosi Tidak Percaya Angkasa Jaya Disebut Hanya Miskomunikasi Semata

“Langkah jangka panjang diperlukan untuk menjaga ketahanan pangan di Samarinda, terutama di tengah tantangan kekeringan yang mempengaruhi pertanian kita,” ujarnya

Meskipun mengapresiasi upaya Pemkot Samarinda dalam mengendalikan inflasi pangan, Rohim mendorong agar kota tersebut dapat lebih mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangan tanpa terlalu mengandalkan pasokan dari luar daerah.

Salah satu solusi yang dia usulkan adalah diversifikasi pangan dengan mempromosikan konsumsi jagung sebagai alternatif nasi.

Baca juga  Novan Dorong Pembentukan Raperda Penertiban Pertamini

“Misalnya, dengan mendorong konsumsi jagung sebagai alternatif nasi, bisa menjadi salah satu solusi yang kreatif,” ujarnya.

Sebagai bagian dari Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Rohim merekomendasikan pendekatan urban farming sebagai solusi inovatif.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam meningkatkan produksi pangan lokal, seperti budidaya kangkung, dapat menjadi jawaban terhadap tantangan saat ini.

Baca juga  Survei Kemiskinan Akan Segera di Plenokan Akhir November, Diskominfo Minta Kecamatan dan Kelurahan Untuk Validasi

Rohim berharap agar pihak terkait segera menginisiasi diskusi guna mencari solusi jangka panjang terkait ketahanan pangan di Kota Samarinda. Dia juga menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam upaya mencari solusi terbaik.

“Kami siap berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk mencari solusi terbaik bagi ketahanan pangan Samarinda,” tutupnya. (ADV/DPRD Samarinda)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id