Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda Deni Hakim Dorong Peningkatan Peran Perpustakaan di Sekolah

Faktaborneo.com – SAMARINDA – Sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Deni Hakim Anwar, soroti pentingnya keberadaan perpustakaan di sekolah sebagai sarana pendidikan yang tak tergantikan.

Dalam pandangannya, buku masih memiliki peran sentral dalam proses pendidikan. Deni mengacu pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 yang menyatakan bahwa perpustakaan memiliki fungsi penting sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan karya rekam untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi.

Baca juga  Wakil Ketua Komisi III DPRD Samarinda Samri Mendorong Perusahaan Tingkatkan Dampak CSR

“Tentu kami sebagai wakil rakyat merasa khawatir karena kalau tidak ada perpustakaan, anak didik mau belajar di mana,” ungkap Deni.

Ia menekankan pentingnya peningkatan layanan kepada pelajar, kegemaran membaca, serta pengembangan wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam konteks ini, Deni mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Samarinda untuk bekerjasama dengan instansi terkait guna menyediakan fasilitas perpustakaan yang lebih canggih.

Baca juga  RPJPD 2025-2045 Kota Samarinda, Sekretaris Komisi IV Deni Hakim Katakan Fokus kepada 5 Prioritas Pembangunan

“Keberadaan suatu perpustakaan adalah untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki kesadaran informasi yang baik, apa lagi untuk anak-anak di sekolah,” tutupnya.

Dengan perhatian dan dorongan dari pihak legislatif seperti yang diungkapkan oleh Deni, diharapkan perpustakaan di sekolah dapat menjadi sumber pengetahuan yang lebih baik dan dapat meningkatkan minat baca serta kemampuan literasi masyarakat, khususnya di Kota Samarinda. ( ADV DPRD Samarinda)

Baca juga  Komisi IV Lakukan RDP Bersama Dinsos Samarinda, Tindak Lanjut Aspirasi PMII

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id