Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Kecamatan Sebulu, Lumbung Padi Terbesar di Kutai Kartanegara

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Sebagai salah satu kecamatan penghasil padi terbesar di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sebulu memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah tersebut. Bahkan, komoditas padi dari Sebulu juga dipersiapkan untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini disampaikan oleh Camat Sebulu, Edy Fahruddin, saat ditemui awak media di Desa Giri Agung, Jumat (6/10/2023). Menurutnya, Desa Giri Agung memiliki lahan persawahan seluas 600 hektare yang menjadi sumber utama produksi padi di Sebulu.

Baca juga  Atasi Lonjakan Harga Bahan Pokok Naik, Disketapang Kukar Luncurkan Gerakan Pangan Murah

“Mayoritas 90 persen warga desa berkerja sebagai petani. Dalam setahun, petani mampu menghasilkan panen 900 ton padi. Tak hanya dikonsumsi sendiri, padi juga disuplay ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan Sebulu,” ujar Edy.

Edy menambahkan, padi menjadi komoditas unggulan di Sebulu dan letaknya ada didaerah SP 2 Manunggal Jaya. Selain itu, ada juga komoditas lain seperti karet yang sudah diakui pemeritah daerah sebagai produk karet terbaik.

Baca juga  Desa Saliki Siap Buka Wisata Mangrove, Kerjasama dengan Pemprov Kaltim

“Kita juga punya komoditas karet yang berkualitas paling bagus disini, sudah diakui oleh Pemda Kukar,” kata Edy.

Untuk tahun depan, Edy mengatakan bahwa Pemda Kukar akan melakukan budidaya kambing yang sudah diajukan dinas terkait. Ia berharap, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan diversifikasi produk pertanian di Sebulu. (ADV/Diskominfo Kukar)

Baca juga  Program PPE Bantu Kesejahteraan Petani di Desa Rapak Lambur

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id