Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Bupati Kukar Edi Damansyah : Pengurus Pramuka Sebulu Harus Kerja Keras

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, melantik pengurus pramuka Kecamatan Sebulu untuk masa bakti 2022 – 2025. Ia berpesan agar mereka bekerja keras untuk membangun kepramukaan di kecamatan tersebut. Pelantikan berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Sebulu, Sabtu (7/10/2023).

Ada empat lembaga yang dilantik, yaitu Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Kwartir Ranting (Kwarran), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK), dan Unit 3 Pramuka Peduli Sebulu. Edi Damansyah, yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kukar, mengapresiasi kinerja pramuka Sebulu yang selalu aktif dan berprestasi. Ia menyebutkan bahwa kecamatan ini pernah menempati peringkat pertama sebagai kwarran tergiat di tahun 2020.

Baca juga  Kota Raja Running Festival menuju Agenda Tahunan, Perkaya Event di Era Edi-Rendi

“Setelah itu menurun di tahun 2021 ada di peringkat ketiga dan naik lagi di tahun 2022 ada di peringkat kedua. Ini menunjukkan bahwa pramuka Sebulu memiliki catatan yang baik dalam pembinaan dan pengembangan pramuka baik di tingkat kwarran maupun kwarcab,” ujarnya.

Ia berharap pengurus yang baru dilantik dapat melanjutkan prestasi tersebut dan bahkan meningkatkannya. Ia menekankan pentingnya kerja sama antara pengurus Mabiran yang ex officio atau karena jabatan, seperti camat, kapolsek, danramil, dan satuan organisasi di Unit Pelaksana Teknis (UPT), dengan struktur di bawahnya.

Baca juga  Wabup Rendi Solihin Jadikan Momen Idul Fitri untuk Sapa Masyarakat Pesisir

“Salah satu tugasnya adalah melakukan pembinaan dan memfasilitasi kepada adek-adek pramuka di bawah yang bergerak aktif dalam kegiatan kepramukaan di kecamatan. Saya harap bisa terus ditingkatkan dengan baik,” katanya.

Saat ini, kwarran Sebulu memiliki 18 gugus depan (gudep) dan lima satuan karya (saka) yang sudah terbentuk serta satu saka dalam persiapan. Selain itu, ada juga lima orang pramuka Sebulu yang masuk dalam kategori Pramuka Garuda yang menjadi kebanggaan Kukar. (ADV/Diskominfo Kukar)

Baca juga  Atlet Kukar Sumbang 6 Medali untuk Indonesia di Kejuaraan Kempo Dunia

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id