Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Pekan Raya Sebulu Jadi Ajang Pamer UMKM dan Kesenian Kukar

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) punya banyak potensi lokal yang sayang dilewatkan. Mulai dari UMKM, pertanian, hingga kesenian daerah. Semua itu dipamerkan dalam Pekan Raya Sebulu yang digelar di Kecamatan Sebulu, 11-15 Oktober 2023.

Acara ini adalah salah satu dari 81 agenda pariwisata yang disusun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar untuk tahun 2023. Tujuannya adalah untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif di Kukar. Salah satu program yang dijalankan dalam acara ini adalah Kukar Kreatif Idaman.

Baca juga  Wabup Rendi Solihin dan Ribuan Masyarakat Khusyuk dalam Lantunan Sholawat Pada 'Kukar Bersholawat III'

Program ini menggali potensi lokal yang ada di Kukar, baik dari segi seni, budaya, maupun produk UMKM. Sekretaris Dinas Pariwisata, Sugiarto, mengatakan bahwa masyarakat Sebulu dapat berpartisipasi dalam acara ini dengan cara memasarkan produk UMKM mereka.

Selain itu, mereka juga dapat menampilkan berbagai kesenian daerah sebagai upaya pelestarian seni dan budaya Kukar.

Baca juga  Terima Kekalahan Dari Uzbekistan, Sunggono : Kita Harus Tetap Bersyukur

“Kami berharap hal ini dapat kita apresiasi dan membantu agar kesenian daerah tidak mudah hilang,” kata Sugiarto saat diwawancara awak media, Kamis (12/10/2023).

Ia juga berharap Pekan Raya Sebulu memberikan dampak positif bagi masyarakat Sebulu melalui produk UMKM yang ditawarkannya. Ia mengakui bahwa dunia UMKM saat ini tengah menghadapi persaingan yang ketat dalam perdagangan online.

Baca juga  Samboja, Kecamatan Berpotensi Perikanan di Kukar

“Kita tidak bisa menyalahkan online shop yang saat ini lebih banyak dipilih. Hal ini terjadi karena masyarakat yang lebih mengutamakan kepraktisan, kemudahan dengan harga yang dianggap jauh lebih murah,” ujarnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id