Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Disdukcapil Kukar Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Unmul Aktivasi IKD

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Disdukcapil Goes to Campus di Universitas Mulawarman (Unmul) pada 10-13 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan mengajak mahasiswa Unmul untuk mengaktifkan aplikasi IKD yang dapat memudahkan mereka dalam mengurus administrasi kependudukan seperti e-KTP, KK, akta kelahiran, dan lain-lain.Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iriyanto, mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk sinergi antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca juga  Industri Olahraga dan Kewirausahaan, Peluang Baru bagi Pemuda Kukar

“Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa Unmul dapat lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi IKD yang bermanfaat bagi mereka. Aplikasi ini merupakan terobosan digital yang diluncurkan oleh Dirjen Dukcapil untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” kata Iriyanto, Jumat (13/10/2023).

Namun, Iriyanto mengaku bahwa minat mahasiswa untuk mengaktifkan IKD masih sangat kurang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kurangnya sosialisasi dari pihak kampus, momen yang tidak tepat karena bersamaan dengan adanya kuis di kampus, dan kurangnya pengertian mahasiswa tentang manfaat IKD.

Baca juga  Pemkab Kukar intensifkan Program Penanganan Stunting melalui Penguatan Posyandu

Iriyanto menyebutkan bahwa target dari Disdukcapil adalah 10 persen dari 40 ribu mahasiswa Unmul untuk mengaktifkan aplikasi IKD. Namun, hingga saat ini baru sekitar 2 ribu mahasiswa yang melakukannya.

“Kami sangat membutuhkan kerjasama dari pihak kampus untuk mensosialisasikan pentingnya IKD, agar membangun minat mahasiswa. Kami juga berharap ada dukungan dari Dirjen Dukcapil untuk memberikan insentif bagi mahasiswa yang mengaktifkan IKD,” ujarnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Baca juga  Peringati Hari Kartini, Pemkab Kukar Gelar Acara Talk Show

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id