Search
Close this search box.

Minggu, 15 September 2024

Budidaya di Pekarangan, Warga Desa Karang Tunggal Raih Keuntungan

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Lahan pekarangan tidak hanya sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai sumber penghasilan. Itulah yang dilakukan oleh warga Desa Karang Tunggal, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Mereka memanfaatkan lahan pekarangan mereka untuk berbagai kegiatan budidaya, mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, ternak, hingga perikanan.

Kepala Desa Karang Tunggal, Solimin, mengatakan bahwa ia mengapresiasi semangat masyarakatnya, khususnya ibu-ibu, yang terus mempercantik pekarangan mereka dengan bergotong royong.

Baca juga  Peringatan Hardiknas 2024, Pemkab Kukar dan PGRI Gelar Apel Bersama

“Kami terus berupaya agar apa yang telah kami lakukan berjalan dengan baik, mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan lingkungan,” ujarnya saat dikonfirmasi, pada Sabtu (14/10/2023).

Solimin menambahkan bahwa 80 persen warga desanya telah memanfaatkan lahan pekarangan mereka untuk budidaya. Selain menambah penghasilan keluarga, hal ini juga memperindah desa.

“Kami terus melengkapi dan menjaga tanaman yang ada, pupuk juga kami ada secara organik dari ternak kami. UMKM kami ada kripik tempe, jajan basah dan sebagainya,” katanya.

Baca juga  Kantor Kecamatan Sebulu Akan Pindah ke Lokasi Bebas Banjir

Di desanya, terdapat beberapa unggulan budidaya yang menjadi ciri khas masing-masing RT. Misalnya, RT 8-9 dikenal dengan rumput gajah mini, RT 10 dikenal dengan es cincau. Selain itu, hampir di setiap RT terdapat budidaya ikan. Tak hanya itu, 80 persen warga juga memiliki ternak ayam dan mentok, sebagian kambing dan sapi.

Baca juga  Festival Eroh Bebaya Kukar Sukses Digelar di Yogyakarta, Satukan Para Perantau dan Wujudkan Kelestarian Budaya

Bahkan, ada juga apotek hidup yang menyediakan tanaman obat.Dengan memanfaatkan pekarangan mereka untuk budidaya, warga Desa Karang Tunggal juga mendapatkan keuntungan ekonomi dari hasil menjual produk-produk mereka. Hal ini tentu menjadi contoh positif bagi desa-desa lain yang ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id