Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Desa Wisata Sumber Sari Kukar Dapat Bantuan Fasilitas dari Dispar, Ini Tujuannya

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan dukungan penuh untuk mengembangkan Desa Wisata Sumber Sari di Kecamatan Loa Kulu. Desa ini memiliki potensi wisata alam dan budaya yang sangat menarik, namun belum terkelola dengan baik.Untuk itu, melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Pemkab memberikan bantuan berupa fasilitas wisata kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Dewi Arum yang bertugas mengelola Desa Wisata Sumber Sari.

Baca juga  Desa Sebulu Modern Kukar Eratkan Silaturahmi dengan Gotong Royong

Bantuan tersebut terdiri dari empat glemping, enam sepeda, enam kemah, gajebo, dan paving blok.“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kenyamanan Desa Wisata Sumber Sari sebagai salah satu pilihan destinasi wisata di Kukar,” ujar Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, saat menyerahkan bantuan di desa tersebut, Selasa (17/10/2023).

Slamet menjelaskan, Dispar Kukar juga akan terus memberikan pembinaan dan pelatihan kepada Pokdarwis Dewi Arum agar dapat mengelola desa wisata secara profesional dan mandiri.

Baca juga  Bantuan Mesin Ketinting dan Sarana Perikanan untuk 25 Ribu Nelayan Kukar

“Kami ingin mereka memiliki kapasitas dan kreativitas dalam menyediakan produk dan layanan wisata yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Desa Wisata Sumber Sari memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti sungai, hutan, dan perkebunan. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan suasana sejuk di Puncak Bukit Biru, salah satu spot favorit di desa ini. Selain itu, desa ini juga menyimpan kekayaan budaya dan tradisi masyarakatnya, seperti seni tari, musik, dan kuliner.

Baca juga  Kasad Jendral TNI Maruli Simanjuntak Resmikan 89 Titik Air Persawahan Tenaga Surya

Desa ini sudah ditetapkan sebagai desa wisata sejak beberapa tahun lalu, namun sempat mengalami kemunduran akibat kurangnya fasilitas dan promosi. Dengan adanya bantuan dari Pemkab Kukar, diharapkan desa ini dapat bangkit kembali dan menarik lebih banyak wisatawan.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id