Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

LPM Diminta Bersinergi Atasi Kemiskinan di Kaltim

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk bersinergi dengan pemerintah dan lembaga lain dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini disampaikan dalam acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XX Tingkat Provinsi Kaltim di Kecamatan Muara Badak, Kamis, 19 Oktober 2023.Edi mengatakan, LPM memiliki peran dan fungsi yang penting dalam masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap LPM bisa meningkatkan kerjasama dengan lembaga lainnya, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

Baca juga  BRIN Kunjungi BRIDA Kukar, Dorong Sinkronisasi IPTEK dengan RPJMN/D

“Kita harus evaluasi bersama apa yang sudah kita kerjakan di wilayah kita masing-masing. Betulungan etam bisa jika kita gotong royong dalam menyelesaikan semua permasalahan,” ujar Edi.

Edi mengatakan, pemerintah daerah telah memberikan berbagai fasilitas dan bantuan untuk penguatan dan penyelenggaraan pemerintahan desa di Kukar. Salah satunya adalah dana 50 juta rupiah per RT, selain dari dana ADD dan bantuan pangan khusus.

Baca juga  Samboja, Kecamatan Pesisir Kukar, Jadi Pusat Perikanan dan Rumput Laut

“Kita juga fasilitasi penguatan SDM melalui peran dan fungsi ketua dan anggota BPD. Ini semua untuk mewujudkan Rumah Besar pengentasan kemiskinan yang terus kita lakukan,” tuturnya.

Edi menambahkan, upaya tersebut telah berdampak positif, meskipun tidak signifikan. Ia mengklaim bahwa angka kemiskinan di Kukar telah mengalami penurunan. Ia mengapresiasi kontribusi LPM dalam hal ini.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada LPM. Semoga dengan momentum ini, peran dan fungsi LPM bisa lebih optimal dan bersinergi dengan semua pihak yang ada di daerah masing-masing, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Baca juga  Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah Ucapkan Selamat Hari Batik Nasional 2023, Batik Harus Terus Lestari

Acara BBGRM ke XX se Kaltim dibuka oleh Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik. Dalam acara tersebut, juga dilakukan pemukulan kentungan bersama dan penyerahan simbolis peralatan gotong royong. Sebelumnya, rombongan juga mengunjungi UMKM di Kecamatan Muara Badak dan menanam pohon bersama Forkopimda Provinsi Kaltim. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan di posko PMI.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id