Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Desa dan Kelurahan di Kukar Dibina untuk Tingkatkan Statistik Sektoral

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar workshop Pembinaan Statistik Sektoral bagi Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kutai Kartanegara, Tahun 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas data dan informasi yang digunakan dalam perencanaan pembangunan desa dan kelurahan.Workshop ini dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Asisten III Sekretariat Daerah Kukar Dafip Haryanto, yang mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah, di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (24/10/2023).

Baca juga  Rendi Solihin Tegaskan Komitmen Pemkab Kukar di Sektor Pertanian di Hadapan Petani Muara Kaman

Dalam sambutannya, Dafip Haryanto menyampaikan bahwa statistik sektoral sangat penting untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan.

“Desa bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di desa dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat,” kata Dafip Haryanto.

Baca juga  Kredit Kukar Idaman, Tombak Awal Buka Usaha Bagi Pemuda Kukar

Ia menambahkan bahwa Pemkab Kukar akan memvalidasi data dari setiap desa dan kelurahan, yang kemudian akan diolah, dianalisis, dan dihimpun kedalam “Buku Data Statistik Sektoral tingkat Desa dan Kelurahan”. Data tersebut akan menjadi acuan dalam penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) yang efektif dan efisien.

Dafip Haryanto berharap workshop ini dapat menumbuhkan kesadaran yang tinggi akan pentingnya statistik yang diiringi dengan manajemen data yang rapi, sistematik, dan tepat guna. Ia juga mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan memperkuat koordinasi, sinergitas untuk statistik sektoral agar sukses dan sesuai dengan harapan.

Baca juga  Pemkab Kukar Salurkan Bantuan untuk Warga Embalut yang Kurang Mampu

“Statistik sektoral adalah salah satu instrumen penting dalam penyusunan sebuah kebijakan dan pengambilan keputusan, baik pada tingkat sektoral maupun wilayah. Mari kita bersama-sama menyusun tata kelola data yang sesuai dengan kaidah-kaidah statistika,” ujarnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id