Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Peserta Diklat Awak Kapal dan LLAJ di Kukar Diharapkan Jadi Petugas Prima

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar diklat kecakapan awak kapal angkutan sungai dan danau angkatan XVII dan XVIII serta diklat orientasi LLAJ angkatan VI dan VII. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia (SDM) di bidang transportasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar H Sunggono mengatakan, diklat ini merupakan salah satu upaya untuk membekali peserta dengan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai petugas pelayanan (customer services).

“Melalui diklat ini semoga para peserta bisa mengikuti dengan baik dan bisa mempunyai keahlian di bidang LLAJ sehingga Kukar mempunyai SDM yang bisa diandalkan di bidangnya seperti merencanakan permodelan transportasi, mensimulasikan kinerja lalu lintas, serta menilai kinerja lalu lintas,” ujarnya saat menyampaikan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah pada acara pembukaan diklat di Gedung Bappeda Lantai I, Rabu (25/10/2023).

Baca juga  Pelatihan Dan Sertifikasi Digital Leadership GCIO Berakhir Semua Peserta Lulus.

Ia mengucapkan terima kasih kepada peserta diklat, pengajar, dan panitia pelaksana yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Ia juga berharap peserta dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam masa pendidikan ini.

“Serap pengetahuan dan pengalaman yang diberikan oleh tenaga pengajar sehingga ketika selesai kegiatan ini, saudara-saudara mendapatkan hasil yang maksimal,” pesannya.

Baca juga  Pemkab Kukar Dukung Kemajuan Pendidikan di Tingkat Atas, Ini Buktinya

Diklat kecakapan awak kapal angkutan sungai dan danau meliputi mata diklat antara lain pelayanan prima, keselamatan dan kesehatan kerja teknik pemuatan di kapal sungai dan danau, sarana bantu navigasi pelayaran dan perambuan sungai dan danau, keselamatan pelayaran sungai dan danau, tata cara berlayar di alur pelayaran sungai dan danau, pemeliharaan dan perbaikan kapal sungai dan danau, serta pencegahan pencemaran dari kapal sungai dan danau.

Baca juga  Kominfo Kukar Ikuti Bimtek SAKIP Tahun 2023

Sementara itu, diklat orientasi LLAJ meliputi mata diklat antara lain peraturan perundang-undangan di bidang LLAJ, pengantar perencanaan transportasi, karakteristik dan survey lalu lintas, karakteristik dan survey angkutan umum, karakteristik dan pengujian kendaraan bermotor, serta pengantar keselamatan LLAJ.

Kurikulum program diklat ini harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang ada dengan menerapkan pedoman yang ada bertujuan mendidik dan mengembangkan kemampuan, profesionalitas kerja dibidang transportasi, bidang keselamatan, dan mampu memberikan pelayanan dengan baik.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id