Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Dapat Tambahan Dana Desa, Desa Margahayu Kukar Siapkan Lampu Jalan dan Ternak Sapi

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Desa Margahayu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan tambahan dana desa dari pemerintah desa atau pemerintah kabupaten untuk tahun 2023.

Tambahan dana desa tersebut akan digunakan untuk melaksanakan beberapa program yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Salah satu program yang akan dilakukan adalah pemasangan lampu jalan di desa Margahayu.

Program ini dinamakan Terang Kampungku, dan dianggarkan sebesar Rp 265 juta. Kepala Desa Margahayu, Rusdi, mengatakan bahwa program ini sangat bermanfaat untuk memberikan penerangan jalan yang cukup di desa Margahayu, yang selama ini masih kurang.

Baca juga  7 Desa Siap Dimekarkan untuk Menuju Pelayanan dan Pembangunan Lebih Maju

“Dari kegiatan ini tentunya menjadi suatu kegiatan yang positif untuk masyarakat khususnya desa Margahayu dan sekitarnya karena namanya lampu jalan ini kan sangat vital sekali untuk menjaga sesuatu hal-hal yang tidak diinginkan,” papar Rusdi dalam rapat koordinasi perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023 yang digelar pada Rabu (8/11/2023).

Program lain yang juga akan dilaksanakan adalah pengadaan sapi untuk 27 RT di desa Margahayu. Program ini dianggarkan sebesar Rp 200 juta dari APBD, dan ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Baca juga  Maslianawati Edi Damansyah Buka Agenda Majelis Aswaja di Kecamatan Kota Bangun Darat

Rusdi mengatakan bahwa program ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat, yang menganggap sapi sebagai tabungan dan sumber pendapatan.

“Karena masyarakat desa Margahayu tidak punya penghasilan tetap sehingga dari evaluasi kami tabungan dari petani itu adalah memelihara ternak, ternak yang produktif adalah sapi karena selama ini kami lihat orang tua dari anak-anak desa Margahayu bisa sekolah sampai perguruan tinggi mereka kebanyakan memelihara sapi,” terang Rusdi.

Baca juga  Rendi Solihin Hadiri Genta Nusantara III di Bali

Selain program Terang Kampungku dan Pengadaan Sapi, desa Margahayu juga mendapatkan peningkatan anggaran operasional untuk posyandu maupun tenaga kesehatan.

Rusdi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Bupati Kukar yang telah mengalokasikan biaya dari kabupaten untuk tenaga bidan dan perawat yang bertugas di puskesmas pembantu (pusban) desa Margahayu.

Rusdi berharap, dengan adanya tambahan dana desa ini, desa Margahayu bisa lebih maju dan sejahtera. Ia juga meminta masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan mendukung pelaksanaan program-program desa yang telah direncanakan.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id