Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Sekda Kukar Bangga dengan Penampilan Tari Ganjar Ganjur dan Sekapur Sirih

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Festival Harmony Budaya Nusantara yang digelar di Lapangan Alun-alun Bukit Taruna Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada Jumat (3/11/2023) mendapat kunjungan istimewa dari Presiden RI Joko Widodo.

Dalam acara tersebut, Presiden menyaksikan berbagai tarian tradisional dari seluruh Indonesia, termasuk tari Ganjar Ganjur dan tari Sekapur Sirih dari Kutai Kartanegara (Kukar).

Baca juga  Safari Ramadhan di Sangasanga, Rendi Solihin Sempatkan Diri ke Monumen Patung Bung Karno

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar H Sunggono yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan rasa bangganya terhadap putra-putri Kukar yang berhasil menampilkan budaya Kutai Kartanegara dengan baik.

“Budaya Kutai Kartanegara menjadi bagian penting dalam mewarnai Budaya Nusantara khususnya di Ibukota negara,” ujarnya.

Sunggono juga menjelaskan bahwa Kukar sudah menyiapkan konsep untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber data lainnya di Kukar menuju Ibukota Negara (IKN). Konsep tersebut sudah diserahkan kepada pemerintah pusat melalui Bapenas dan kementerian terkait.

Baca juga  Edi Damansyah Lantik Kades Purwajaya, Minta Kerja Baik dalam 15 Bulan

“Semoga mendapat respon positif,” katanya.

Selain itu, Sunggono berharap adanya kerjasama antara Kukar dan IKN dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Ia juga mendukung deklarasi penggiat seni dan budaya di Kalimantan Timur yang menyatakan bahwa seluruh budaya di Kalimantan Timur dan sekitar IKN harus diakomodir dan diimplementasikan oleh otoritas IKN sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Baca juga  Diskominfo Kukar Suplai Internet untuk Dorong Peningkatan Pendidikan Melalui Program Sekolah Google

“Ini merupakan peluang bagi penggiat seni dan budaya dimana telah mendapat perhatian penuh dari pemerintah pusat melalui otoritas IKN dan mudah-mudahan penggiat seni Kukar bisa melihat peluang ini untuk memajukan seni dan budaya di Kukar,” harap Sunggono.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id