Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Wabup Kukar Rendi Solihin Ajak Masyarakat Siapkan Diri Hadapi IKN

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Pembangunan Ibukota Negara (IKN) yang baru akan berdampak pada daerah-daerah sekitarnya, termasuk Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Daerah tersebut diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah penduduk, baik dari pekerja maupun penduduk IKN. Hal ini tentu menuntut daerah tersebut untuk siap dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM).

Wakil Bupati Kukar, H Rendi Solihin, mengajak masyarakat Kukar untuk siapkan diri menghadapi IKN. Ia mengatakan bahwa persaingan SDM antara pendatang dan penduduk asli sudah mulai terlihat. Untuk itu, ia meminta masyarakat Kukar untuk tidak menjadi penonton di daerah sendiri, melainkan harus meningkatkan kualitas diri agar bisa bersaing.

Baca juga  PMI Kukar Gelar Apel Siaga Lebaran 1445 H, Siap Sambut Arus Mudik

“Untuk itu, persaingan sudah mulai terjadi dalam segi SDM dengan para pendatang mulai berkompetisi dengan putra putri asli daerah. Sebagai tuan rumah, jangan menjadi penonton di daerah sendiri,” ucapnya dalam acara Milad Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kukar ke 30, Kamis (9/11/2023).

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan mendukung pendidikan yang berkualitas. Rendi mengapresiasi MAN 2 Kukar yang memiliki semboyan Mandiri Berprestasi Berbasis Lokal Berwawasan Global. Ia mengharapkan, semboyan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi siswa-siswi MAN 2 Kukar untuk terus berkembang dan berprestasi.

Baca juga  Fokus Kembangkan Ekowisata Melalui Wisata Budaya dan Sejarah, Dispar Harap Peningkatan Pengunjung

“Seperti diketahui, MAN 2 Kukar salah satu sekolah yang jumlah anak didiknya lebih banyak. Peningkatan SDM yang unggul dan berbudaya sesuai dengan program Kukar Idaman agar bisa melahirkan generasi muda yang berprestasi dan lebih maju,” jelasnya.

Tidak hanya pendidikan, Rendi juga menyoroti pentingnya mengembangkan sumber daya lainnya yang lebih berkelanjutan, seperti pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Ia menyatakan bahwa kekayaan Kukar yang selama ini bergantung pada minyak bumi, gas alam, dan batubara, sudah tidak bisa diharapkan lagi.

Baca juga  Kembalikan ke Pemerintah, Kejaksaan Negeri Kukar Selamatkan Uang Negara Rp 1.768.795.075

“Ini menjadi kekhawatiran kita untuk kedepannya bagaimana Kukar bisa bertahan dan eksis agar tetap bisa mensejahterakan masyarakatnya dengan hanya mengandalkan 3 sumber tersebut. Kedepannya, Pemkab Kukar melalui Kukar Idaman telah menetapkan untuk meningkatkan sumber daya lainnya. Diyakini dengan adanya sumber daya tersebut, Kukar akan tetap sejahtera,” paparnya.

Rendi berharap, dengan adanya persiapan-persiapan tersebut, Kukar bisa siapkan diri menghadapi IKN. “Seperti harapan kita bersama, SDM sangatlah penting demi kemajuan suatu daerah,” tandasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id