Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Pengelola Arsip Pemkab Kukar Ikuti Bimtek di Bali

Faktaborneo.com, Kutai Kartanegara – Sebanyak 35 orang pengelola arsip dari berbagai OPD, Kecamatan, dan RSUD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Dinamis dan Penyusunan Daftar Arsip Aktif. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar di Kabupaten Badung, Bali, pada tanggal 1-3 November 2023.

Tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kearsipan, dengan memberikan materi tentang pengelolaan arsip dinamis dan penyusunan daftar arsip aktif sesuai dengan standar nasional.

Baca juga  Lurah Sarijaya Harapkan Kekompakan Warga di Hari Jadi Kelurahan

Kepala Diarpus Kukar, Hj Aji Lina Rodiah, mengatakan bahwa Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pembekalan dan pemahaman kepada para pengelola arsip, agar mereka dapat mengelola arsip-arsip penting dengan baik dan profesional.

“Arsip adalah bukti otentik dan sumber informasi yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, oleh karena itu arsip harus terjaga dan terpelihara dengan baik,” kata Lina Rodiah, Jumat (3/11/2023).

Baca juga  Kantor Kecamatan Sebulu Akan Pindah ke Lokasi Bebas Banjir

Selain materi teori, peserta Bimtek juga melakukan kunjungan lapangan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Bali, yang merupakan salah satu daerah yang memiliki pengelolaan arsip yang baik dan modern. Peserta Bimtek dapat melihat langsung Depo Arsip Badung, yang merupakan tempat penyimpanan arsip statis yang memiliki fasilitas dan perlengkapan yang lengkap dan canggih.

Baca juga  Disperindag Kukar Dorong Pertumbuhan UMKM dan Daya Saing Pasar Lewat Pendampingan Pemasaran Digital

Nara sumber yang dihadirkan dalam Bimtek ini adalah Dra Prihatini Wuryatmini, M.Hum, Arsiparis Ahli Madya sekaligus Ketua Tim Wilayah Timur I Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Beliau memberikan materi dan contoh-contoh kasus dan praktik baik yang dapat dijadikan acuan oleh peserta Bimtek.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id