Search
Close this search box.

Selasa, 17 September 2024

Lahan Eks Tambang Jadi Andalan Sanga-Sanga untuk Kembangkan Peternakan Sapi

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memanfaatkan lahan eks tambang batu bara yang ada di wilayahnya untuk mengembangkan peternakan sapi. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan daging di Kaltim, khususnya menjelang pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

Camat Sanga-Sanga, Dachriansah mengatakan pihaknya ingin berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan swasta untuk mewujudkan hal tersebut. Ia mengatakan lahan eks tambang yang luas dan subur bisa menjadi andalan untuk pengembangan peternakan sapi.

Baca juga  Dari Kekeringan Menuju Kelimpahan: Buah Manis Dedikasi Edi Damansyah untuk Petani Kukar

“Secara teknisnya kami ingin mengembangkan itu karena juga menyambut daripada kebutuhan ibukota negara nantinya,” ucap Dachriansah, Sabtu (4/11/2023).

Ia mengaku terinspirasi oleh PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) yang telah mengembangkan peternakan sapi di lahan eks tambang di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar. Ia berharap hal serupa bisa dilakukan di Sanga-Sanga.

Baca juga  Mahasiswa Poltekes Kemenkes Kaltim Berantas Stunting di Kukar

“Seperti apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan Equalindo di Tenggarong Seberang, mungkin bisa dikembangkan di Sanga-Sanga,” tuturnya.

Ia menyebutkan ada tiga lokasi yang akan dijadikan lahan peternakan, yakni di Kelurahan Sanga-Sanga Muara, Sanga-Sanga Dalam dan Kelurahan Pendingin. Ia mengatakan tahap awal pengembangan sudah dimulai dan akan ditindaklanjuti lagi setelah 2025.

“Tapi untuk tahap awal, pengembangannya sudah mulai dilaksanakan dan nantinya ada kerja sama dengan swasta di wilayah Kecamatan Sanga-Sanga,” paparnya.

Baca juga  Pemerintah Kecamatan Muara Wis Meluncurkan Program Stop Busu Guna Lindungi Ekosistem Sungai

Dachriansah berharap dengan pengembangan peternakan sapi di lahan eks tambang, Sanga-Sanga bisa menjadi lumbung daging untuk Kaltim. Ia juga berharap hal ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Mudah-mudahan itu semua bisa terwujud. Artinya seluruh kebutuhan bahan baku untuk hewani itu bisa dipenuhi untuk Kalimantan Timur dari Kutai Kartanegara,” akhirnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id