Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Loa Kulu Siapkan TPA Baru untuk Atasi Pembakaran Sampah

Faktaborneo.com, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menyiapkan lahan untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru di Desa Jembayan Tengah. Pembangunan TPA baru ini bertujuan untuk mengatasi masalah pembakaran sampah yang kerap dilakukan oleh masyarakat di kecamatan tersebut.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah, mengatakan bahwa lahan yang disiapkan untuk TPA baru tersebut merupakan milik pemerintah. Lokasinya juga jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

Baca juga  Minimalisir Kecelakaan Pelajar, Wabup Rendi Solihin Dukung Bus Sekolah di Kukar

“Kami sudah siapkan lahannya di Jembayan Tengah. Nanti di sana kita bangun TPA yang layak dan sesuai dengan standar lingkungan,” kata Ardiansyah, Kamis (26/10).

Ardiansyah mengatakan bahwa pembangunan TPA baru ini sangat penting untuk mengurangi dampak negatif dari pembakaran sampah. Selama ini, masyarakat Loa Kulu banyak yang membakar sampah di pekarangan rumah mereka karena tidak ada tempat pembuangan yang memadai.

Baca juga  Gangguan Lalu Lintas Selama Ramadhan, Fuad Fakhruddin Harapkan Pemkot Meminimalisir

“Pembakaran sampah itu kan bisa menimbulkan polusi udara dan resiko kesehatan bagi warga. Makanya kami ingin segera bangun TPA baru ini agar masyarakat bisa membuang sampahnya dengan baik dan benar,” ujarnya.

Selain menyiapkan lahan untuk TPA baru, Pemerintah Kecamatan Loa Kulu juga telah mendapat bantuan satu armada pengangkut sampah dari Pemkab Kukar. Dengan demikian, jumlah armada pengangkut sampah di Loa Kulu menjadi dua unit.

Baca juga  Disdukcapil Kukar Jemput Bola Aktivasi IKD, Ini Manfaatnya

“Memang masih kurang sih, tapi setidaknya bisa mengurangi beban dari sampah yang ada. Kami juga sudah siapkan SDM yang akan bertugas mengangkut sampah di Loa Kulu,” pungkasnya. (adv/diskominfo kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id