Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Pembukaan Pukesman Pembantu di Bukit Biru, Tenggarong: Langkah Strategis Meningkatkan Akses Kesehatan Masyarakat

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Peresmian Pukesman Pembantu (Pusban) di Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Kukar Edi Damansyah pada, Kamis (21/03/2024).

Pusban yang telah diresmikan bertujuan untuk memudahkan masyarakat sekitar agar dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan karena lokasinya yang berada di pinggir jalan.

Baca juga  RSUD Aji Muhammad Parikesit Siap Raih Akreditasi dari LARS-DHP

Plt Lurah Bukit Biru, Seri Herlinawati, menyatakan Pusban yang lama direncanakan akan di relokasikan menjadi kantor lurah yang baru.

“Pusban yang lama akan digunakan untuk kantor lurah dan nantinya akan direhab,” ucap Seri Herlinawati saat diwawancarai

Sebagai Lurah Bukit Biru, Seri menyampaikan, harapannya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Kukar untuk meningkatkan infrastruktur pusban di Bukit Biru serta menyediakan peralatan kesehatan yang memadai.

Baca juga  Atasi Lonjakan Harga Bahan Pokok Naik, Disketapang Kukar Luncurkan Gerakan Pangan Murah

“Saya berharap kepada dinkes kukar semoga kedepannya dapat lebih mambah infrastruktur pusban di bukit biru ini, serta alkes yang memadai untuk pusban ini” jelasnya

Selain itu, Herlinawati juga mengungkapkan bahwa pusban direncanakan akan menampung hingga sepuluh tenaga kesehatan, yang akan memperkuat pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

Terkahir, Dia juga menyoroti pentingnya perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat di daerah yang jauh dari rumah sakit besar. Dia berharap pusban ini dapat memberikan penanganan pertama yang memadai untuk kebutuhan kesehatan dasar masyarakat.

Baca juga  Disketapang Kukar dan Kodim 0906/KKR akan Mengadakan Gerakan Pasar Murah di Taman Eks Tanjong Tenggarong

“Pemerintah harus lebih melirik ke kesehatan yang didaerah yang memang jauh dari rumah sakit besar, setidaknya dipusban ini sudah memadai untuk penanganan pertama” tandasnya (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id