Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Guna Wujudkan Generasi Emas, Sekda Kukar Dorong OPD Fokus Penanganan Stunting

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), H. Sunggono, mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus fokus pada kegiatan yang berkaitan dengan penanganan stunting. Hal ini, disampaikannya pada agend Rembuk Stunting 2024, pada Rabu (27/3/24), di Aula Bappeda Kukar, kompleks Perkantoran Bupati di Tenggarong.

Dalam kesempatan tersebut, OPD mempresentasikan rencana kegiatan terkait stunting, diharapkan langsung ada koreksi perbaikan jika ada yang kurang sesuai.
Menurut hasil evaluasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, kegiatan yang tak sesuai terkait stunting relatif sedikit, hal ini kata Sunggono patut diapresiasi.

Baca juga  Kerjasama Pemkab Kukar dan Puslikoka Jember untuk Membangun Sektor Kopi

Selanjutnya, OPD dan stakeholder terkait, menandatangani komitmen untuk “Mewujudkan Generasi Emas Kukar Bebas Stunting”. Sunggono menegaskan pentingnya penanganan stunting sesuai standar akuntabel pemerintah, sehingga setiap kegiatan terkait stunting dapat diaudit dengan baik.

“Sesuai evaluasi Bappeda Kukar, kegiatan yang tidak sesuai terkait stunting relatif sedikit, hal ini patut diapresiasi. Namun, kami meminta agar OPD memahami sepenuhnya tugasnya terkait penanganan stunting, dan jika ada kekurangan, perbaikan harus segera dilakukan,” ujarnya tegas.

Baca juga  Transparansi Laporan dan Pembangunan Jadi Prioritas Kades Purwajaya

Sunggono juga menginformasikan bahwa menurut data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, tingkat kemiskinan ekstrim di Kukar pada tahun 2023 mencapai 0 persen. Ini merupakan hasil dari strategi yang terus dilakukan oleh Pemkab Kukar, termasuk koordinasi yang intensif dengan DPRD terkait kegiatan penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim.

“Dalam menjaga capaian ini, kita perlu konsisten dalam melakukan hal-hal yang sudah baik,” tambahnya.

Baca juga  Desa Juara Lomba BBGRM Jadi Tuan Rumah Peringatan di Kaltim

Sekda Sunggono juga meminta Desa/Kelurahan untuk mendukung tim sensus yang turun ke lapangan untuk melakukan pendataan di masyarakat.

Dengan demikian, diharapkan upaya penanganan stunting dan pemantauan kemiskinan ekstrim dapat terus berjalan dengan baik demi terwujudnya generasi emas di Kutai Kartanegara. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id