Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Minimnya Minat Pemuda di Kukar Berprofesi Sebagai Petani

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Sejak zaman dahulu, pertanian telah menjadi tulang punggung kehidupan manusia. Namun, di era modern ini, minat generasi muda terhadap sektor pertanian semakin menurun.

Camat Tenggarong Sebrang, Tego Yuwono, mengungkapkan saat ini hanya sebagian kecil masyarakat yang memilih untuk bercocok tanam dan berkecimpung dalam dunia pertanian.

“Dalam 10 tahun terakhir, tingkat kekukaran petani mencapai 5 hingga 10 persen.” Ungkap Yuwono pada, Rabu (03/04/2024)

Baca juga  Enam Perusahaan Kerja Sama dengan Pemkab Kukar di Sektor Pertanian Jagung

Ia mengungkapkan, dengan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang ingin bekerja sebagai profesi petani maka akan sudah memajukan sektor pertanian kedepannya.

Kendala lain, yang dihadapi adalah minimnya minat generasi muda untuk terlibat dalam sektor pertanian. Dikarenakan, banyak pemuda lebih memilih karir di sektor industri atau teknologi yang dianggap lebih menjanjikan.

Baca juga  Mari Serbu! Pemkab Kukar Gelar Gerakan Pangan Murah di Taman Ex-Tanjung Tenggarong

“Alasan mereka tidak mau jadi petani, dikarenakan proses dan menunggunya lama, sehingga mereka lebih memilih untuk menjadi ojek online,” terangnya

Yuwono juga mengatakan, Pihak Pemerintah Kecamatan Tenggarong Sebrang, tidak tutup mata, Meskipun telah dilakukan upaya pembinaan terhadap sejumlah pemuda, namun hanya sedikit yang bersedia melanjutkan dan mengembangkan usaha pertanian.

“Dari 10 pemuda yang dibina, hanya satu yang memutuskan untuk tetap bertani, sementara yang lainnya menolak dengan alasan sulit dan memakan waktu,” tambahnya

Baca juga  Kartu Identitas Digital Kukar, Lengkap dari KTP hingga NPWP

Terakhir, Ia berharap, kedepan perlu adanya upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran petani dalam menjaga ketahanan pangan, serta menciptakan insentif dan program pembinaan yang menarik bagi generasi muda. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id