Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Komunitas Lokal Bisa Manfaatkan Area Wisata Lewat Dispar Kukar, tapi Ikuti Prosedur

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) imbau, seluruh komunitas lokal dapat menikmati fasilitas dan aset jika ingin menyelenggarakan kegiatan.

Melalui, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Obyek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Ridha Fatrianta mengatakan, para komunitas lokal dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia, dengan mengikuti prosedur yang berlaku.

Prosedur yang harus dipenuhi adalah menyampaikan konsep acara secara resmi, yang mencakup rincian tentang jenis kegiatan yang akan dilakukan.

Baca juga  Bupati Kukar: Aset Besar Kukar, Keunggulan Bidang Kaligrafi Harus dijaga

“Kami membuka peluang bagi para komunitas yang ingin menggunakan aset Dispar dengan memberikan proposal dan rincian kegiatan, contohnya salah satu komunitas lokal sudah ada yang akan membuat acara pada tanggal 11 Mei 2024 mendatang,” jelas Ridha di ruang kantornya pada Senin (29/04/2024).

Dengan adanya kebijakan ini, para pemuda dan pelaku komunitas memiliki kesempatan untuk mengadakan berbagai kegiatan dengan lebih nyaman.

Baca juga  Kukar Siaga Hadapi Gelombang Pendatang Akibat IKN

Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh Dispar Kukar juga dapat digunakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan acara yang diusulkan.

“Langkah-langkah ini diambil sebagai bentuk dukungan dari pemerintah kepada komunitas lokal,” terangnya

Ridha juga mengungkapkan, dengan adanya peluang ini, akan semakin banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat lokal untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang berada di Kukar.

Baca juga  Disperindag Kukar Dorong Pertumbuhan UMKM dan Daya Saing Pasar Lewat Pendampingan Pemasaran Digital

“Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan rasa memiliki masyarakat terhadap lokasi wisata daerah yang dimiliki,” harapnya

Dengan terbukanya akses bagi komunitas lokal untuk menggunakan fasilitas pariwisata. Kedepannya, akan tercipta sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengembangkan sektor pariwisata secara berkelanjutan. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id