Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Pemkab Kukar, Gelar Bimtek Penyusunan Rancangan Pemetaan Potensi KSD

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rancangan Pemetaan Potensi Kerjasama Daerah (KSD) serta Simulasi Draft Penyusunan Naskah Kerjasama.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono di Meeting Room Hotel Mercure Samarinda, pada Jumat (03/04/2024).

Kegiatan tersebuh pejabat terkait seperti Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Akhmad Taufik Hidayat, dan Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah, Ismi Nurul Huda.

Diketahui, Peserta yang mengikuti Bimtek sebanayak 115 orang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan dan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah.

Baca juga  Atlet Kukar Sumbang 6 Medali untuk Indonesia di Kejuaraan Kempo Dunia

Dalam sambutannya, Sekda Kukar, Sunggono, menyatakan bahwa Kerjasama Daerah memiliki urgensi tinggi dalam menjalankan fungsi pemerintahan, terutama dalam mengatasi beragam persoalan pembangunan yang meliputi infrastruktur, pelayanan, pengembangan ekonomi, pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, dan kesenjangan pembangunan.

Namun, Sunggono juga mengakui bahwa dalam praktiknya, kerjasama daerah masih menghadapi berbagai kendala, termasuk kurangnya pemahaman perangkat daerah terhadap regulasi kerjasama.

Baca juga  Normalisasi Aliran Air dan Bank Sampah, Dua Program Kelurahan Loa Ipuh Hadapi Musim Hujan

“Beberapa faktor yang mendorong kerjasama daerah diantaranya adalah kesamaan tujuan, kemampuan atau kapasitas daerah, perbedaan sumber daya serta keterbukaan dan kepercayaan dalam pelaksanaan pembangunan,” ungkapnya

Lebih lanjut, Sunggono menyoroti pentingnya pemetaan potensi kerjasama daerah, untuk memperoleh proyeksi yang jelas tentang potensi kerjasama dan mitra yang potensial. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan perencanaan yang efektif dan terukur serta dapat diintegrasikan ke dalam dokumen perencanaan daerah.

Ditekankan pula bahwa melalui kegiatan Bimtek ini, diharapkan dapat teridentifikasi isu-isu, potensi, dan permasalahan pelaksanaan urusan pemerintahan yang dapat ditindaklanjuti dengan kerja sama daerah.

Baca juga  Dorong Optimalisasi Kerja Sama Antar OPD dan Potensi Kolaborasi dengan IKN

“Selain itu, dari pemetaan potensi ini ditujukan agar daerah memiliki perencanaan yang jelas dalam melaksanakan KSD dan hasilnya dapat menjadi bahan rancangan untuk diintegrasikan dalam dokumen perencanaan daerah, sehingga KSD terlaksana secara efektif, efisien, terukur dan saling menguntungkan,” bebernya.

Dengan demikian, Bimtek ini menjadi langkah penting dalam mendorong kolaborasi yang efektif antar-daerah untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id