Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Usai Diresmikan Jokowi, 2 Ruas Tol Pertama di Kalimantan Gratis 2 Minggu

Presiden Joko Widodo bersama para menteri usai meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samarinda pada Selasa (24/8/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Klausa.co – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) di Gerbang Tol (GT) Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021). Dua seksi akhir dari jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini akan melengkapi tiga seksi yang telah beroperasi terlebih dahulu pada Desember 2019.

PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) selaku operator Jalan Tol Balikpapan-Samarinda menyampaikan, ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja akan dioperasikan tanpa tarif selama dua pekan mulai Rabu (25/8/2021) pukul 14.00 WITA.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Jinto Sirait menyatakan, dengan dioperasikannya Seksi 1 dan 5, maka terdapat penambahan 2 Gerbang Tol yang akan dioperasikan yakni GT Karang Joang dan GT Manggar.

Baca juga  Gadis Penjual Makanan di Samarinda Jadi Korban Eksibisionisme Selama Tiga Bulan Samarinda

Sebagai bentuk sosialisasi PT JBS kepada masyarakat, walaupun tidak dikenakan tarif alias gratis, Jinto mengingatkan agar pengguna jalan tetap menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol.

“Meskipun Seksi 1 dan Seksi 5 dioperasikan dengan tarif nol rupiah, jika pengguna jalan melakukan perjalanan menerus menuju Samarinda melalui GT Palaran maka akan tetap dikenakan tarif senilai tarif Seksi 2, 3 dan 4 yang telah lebih dulu beroperasi dan bertarif pada Juni 2020,” jelasnya, Selasa (24/8/2021).

Baca juga  Enam Perusahaan Kerja Sama dengan Pemkab Kukar di Sektor Pertanian Jagung

Sebagai simulasi, Jinto menerangkan, pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang masuk di GT Manggar maupun di GT Karang Joang akan membayar tarif senilai Rp 75.500 (arah Simpang Pasir) atau senilai Rp. 83.500 (arah Mahkota 2) di exit GT Palaran.

“Mekanisme ini juga berlaku untuk arah sebaliknya,” ujar Jinto.

Jinto mengatakan, pengguna jalan tidak akan dikenakan tarif jika pengguna jalan melakukan perjalanan dari GT Manggar menuju GT Samboja dan sebaliknya.

“Dengan dioperasikannya dua seksi ini secara gratis selama masa sosialisasi, ia berharap keberadaan Ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu yang berlaku,” imbuhnya.

Baca juga  Srikandi di Kaltim Deklarasi Ganjar Presiden 2024: Beliau Dukung Perempuan Mandiri

Ruas Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,27 Km ini terbagi menjadi lima seksi, yakni Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 Km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 Km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 Km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 Km).

Jalan tol ini dilengkapi dengan dua rest area tipe A yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business (JMRB), masing-masing rest area berada di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda.

(Tim Redaksi Klausa)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id