Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Wakil Wali Kota Samarinda Mendorong Pencapaian Kota Layak Anak (KLA) Kategori Utama

Faktaborneo.com – SAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, memimpin Rapat Koordinasi Kota Layak Anak (KLA) untuk mereview evaluasi KLA Kota Samarinda tahun 2023. Acara berlangsung di Hotel Grand Sawit, Jalan KH Abdurrasyid Samarinda.

Rusmadi menyampaikan bahwa pelaksanaan KLA sejalan dengan visi misi Pemerintah Kota Samarinda untuk menjadikan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban Menuju Kota Layak Anak dan Responsif Gender. Tujuannya adalah agar Samarinda meraih kategori KLA utama pada evaluasi tahun 2024.

“Pemkot Samarinda berkomitmen serius mewujudkan Samarinda Menuju Kota Layak Anak Kategori Utama di evaluasi 2024,” ujar Rusmadi.

Baca juga  Pemkot Samarinda Ekspose Data Final Penerima Manfaat dan Berencana Verifikasi Berkala

Rusmadi menyoroti bahwa di Indonesia, Kota Layak Anak telah lebih terarah dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Untuk mencapai KLA, diperlukan kemitraan, kebijakan, anggaran, sosialisasi, dan komitmen dari berbagai pihak, termasuk pemerintah kota, swasta, masyarakat sipil, lembaga non-pemerintah, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

“Kemitraan yang melibatkan semua pihak menjadi kunci keberhasilan KLA. Dibutuhkan kolaborasi semua elemen,” jelas Rusmadi.

Lebih lanjut, Rusmadi menegaskan bahwa komitmen kuat dari pemerintah daerah sangat diperlukan, begitu juga dengan program terintegrasi yang mengedepankan pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Baca juga  Pemkot Samarinda Kirim Bantuan dan Tim BPBD untuk Korban Banjir di Mahakam Ulu

“Komitmen juga sangat diperlukan agar konsep KLA bukan hanya diterapkan saja, namun dapat mencapai target sasaran yang diharapkan bersama,” ujar Rusmadi.

Rusmadi menjelaskan bahwa peraturan menyatakan bahwa kebijakan KLA bertujuan untuk mewujudkan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Samarinda terus berupaya keras menghadirkan rasa aman bagi anak-anak. KLA diyakini mampu mendorong daerah bekerja maksimal melindungi anak dan memenuhi haknya.

Baca juga  Pemkot Samarinda Gelar Sosialisasi Penggunaan Energi Berkelanjutan

“Dengan mewujudkan Kota Layak Anak di Samarinda maka ini menjadi tonggak penyemangat bagi daerah agar bisa bekerja lebih keras lagi dalam melindungi kelompok anak dan memastikan pemenuhan haknya,” pungkas Rusmadi.

Dengan kolaborasi semua pihak secara berkelanjutan, Kota Samarinda optimis mampu mewujudkan KLA dan meraih kategori utama.

Hal ini akan semakin meneguhkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban yang mengedepankan kepentingan anak bangsa sebagai generasi penerus. (ADV/ Diskominfo Samarinda)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id