Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Musrenbang RKPD 2025, Ini Prioritas Pembangunan Kota Samarinda

Faktaborneo.com – SAMARINDA –  Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Hero Mardanus Satyawan, membuka langsung acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Samarinda Tahun 2025 yang dilaksanakan di Hotel Mercure Jalan Mulawarman Samarinda, Selasa (26/03).

Dalam sambutannya yang mewakili Wali Kota Samarinda Andi Harun, Hero Mardanus menyampaikan bahwa RKPD Kota Samarinda merupakan dokumen perencanaan tahunan yang dijadikan sebagai dasar penganggaran program, kegiatan, dan sub-kegiatan pada tahun 2025.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, pelaksanaan Musrenbang merupakan salah satu tahap dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, sehingga dalam prosesnya perlu memperhatikan dokumen perencanaan yang telah disusun sebelumnya,” kata Hero Mardanus.

Baca juga  Pilkada 2024! Wali Kota Samarinda, Andi Harun Tandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pengamanan

Hero berharap agar setiap program, kegiatan, dan sub-kegiatan yang diusulkan dibahas dengan tetap memperhatikan kedudukan Kota Samarinda sebagai bagian dari Provinsi Kalimantan Timur dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Hero menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Samarinda atas kerjasama dan koordinasi yang baik selama ini.

Baca juga  Wali Kota Samarinda Andi Harun: Memuji Peran Jurnalis Saat Gelar Buka Puasa Bersama

“Seiring dengan dinamika pembangunan ini, maka dokumen RKPD yang kita susun nantinya, tidak hanya memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, melainkan juga bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta sebagai penjabaran operasional dari visi dan misi kami sebagai Walikota dan Wakil Walikota,” ungkapnya.

Berdasarkan strategi dan arah kebijakan Pembangunan tahun 2025, Samarinda akan memprioritaskan:

Baca juga  Maju Pilgub Kaltim, Mahyudin Harap PSI Dukung Dirinya

1. Peningkatan pertanian dan jasa, Perindustrian serta pariwisata

2. Penguatan infrastruktur strategis perkotaan dan pelayanan dasar bagi Masyarakat

3. Peningkatan kualitas lingkungan hidup

4. Penguatan SDM Unggul dan berdaya saing

5. Penguatan Pelayanan yang prima.

Hero juga berharap perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan nantinya harus benar-benar mampu menjawab setiap permasalahan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Samarinda. (ADV Diskominfo Samarinda)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id