Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Inisiatif Warga Gang 7 Tenggarong, Kampong Kuliner Tradisional yang Menghidupkan UMKM dan Budaya Kutai

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Warga Gang 7 RT 6 Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki inisiatif yang menarik, yaitu membuka “kampong kuliner tradisional”. Acara ini berlangsung selama lima hari, mulai dari Senin (06/11/2023) lalu, dan mendapat sambutan baik dari berbagai pihak, salah satunya pemerintah kecamatan.

Camat Tenggarong Sukono mengapresiasi kampong kuliner tradisional yang diinisiasi oleh warga Gang 7. Menurutnya, acara ini merupakan wadah yang baik bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menawarkan kuliner khas Kutai. Pengunjung dapat menikmati berbagai menu tradisional yang lezat dan murah.

Baca juga  Sukono Apresiasi Pelaksanaan Pembukaan MTQ ke-11 di Kelurahan Jahab

“Acara ini sangat luar biasa, meskipun dilakukan di gang yang sempit. Ini menunjukkan kebanggaan warga terhadap kearifan lokal dan kesejahteraan masyarakat,” kata Sukono.

Selain kuliner, acara ini juga menyuguhkan berbagai kesenian tradisional dari dalam dan luar Kukar, yang turut menghibur warga dan pengunjung. Sukono menilai, ini merupakan bentuk pelestarian budaya dan ruang ekspresi bagi seniman.

Baca juga  BRIN Kunjungi BRIDA Kukar, Dorong Sinkronisasi IPTEK dengan RPJMN/D

Sukono juga mengapresiasi kekompakan dan kerjasama warga Gang 7 yang rela diganggu oleh keramaian demi suksesnya acara ini. Ia berharap, kampong kuliner tradisional ini dapat berlanjut dan mendapat dukungan dari pemerintah, terutama menjelang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di dekat Kukar.

“Kita harus memperkenalkan keindahan kuliner khas Kutai kepada masyarakat lebih luas. Ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, seperti yang sudah terbukti selama empat tahun terakhir,” ucapnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Baca juga  PESODA I Kukar Digelar, Zulkran : Olahraga Membentuk Karakter Anak Bangsa

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id