Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Presiden Jokowi Resmikan Seksi 1 dan Seksi 5, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Siap Beroperasi Penuh

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samarinda pada Selasa (24/8/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Klausa.co – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja yakni Seksi 1 dan Seksi 5 dalam kunjungan kerja ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Selasa (24/8/2021) sore. Dengan beroperasinya dua seksi terakhir tersebut, maka jalan tol Balikpapan-Samarinda yang merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut akan beroperasi secara penuh.

“Bismillah sore hari ini saya resmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan seksi 5,” ungkap Jokowi dalam sambutannya saat peresmian yang berlangsung di Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan, Selasa (24/8/2021).

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja pada Selasa (24/8/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Diketahui, jalan tol ini merupakan salah satu akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN). Jokowi menjelaskan jalan tol Balikpapan-Samarinda secara total dibangun sepanjang 97 km. Sementara, khusus seksi 1 Balikpapan-Samboja memiliki panjang 22,03 km dan seksi 5 Sepinggan-Balikpapan memiliki panjang 97,99 km.

“Sore hari ini Alhamdulillah telah selesai seluruh ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda 97 km,” ucap Jokowi.

Baca juga  Kalahkan Monas, Tower Penajam Setinggi 150 Meter Akan Dibangun Dengan Biaya Ratusan Miliar

Ia berharap jalan tol ini dapat membuat titik pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Kalimantan. Selain itu, jalan tol ini diharapkan dapat memperbaiki jaringan logistik lebih baik ke depannya.

“Ini capaian yang patut kita syukuri karena kita ingin pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di Pulau Sumatra tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain,” ucap Presiden.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja pada Selasa (24/8/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Presiden Jokowi pun berharap keberadaan jalan tol ini dapat membantu menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Kalimantan Timur dan juga memperbaiki jaringan logistik yang lebih efektif dan efisien.

“Sehingga akan memperbaiki daya saing kita, utamanya komoditas-komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik,” imbuhnya.

Selain itu, keberadaan jalan tol sepanjang 97,27 Km tersebut juga diyakini akan membantu meningkatkan daya saing produk-produk ekspor yang dimiliki Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga  Enam Perusahaan Kerja Sama dengan Pemkab Kukar di Sektor Pertanian Jagung

“Sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif,” ucap Presiden.

Direktur Utama JBS Jinto Sirait menjelaskan dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Sepinggan hingga Samarinda akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja pada Selasa (24/8/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Pasalnya, jalan tol ini menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda. Ia memaparkan ketika beroperasi nanti, maka akan ada dua gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, yaitu Gerbang Tol (GT) Manggar.

Gerbang tol ini terkoneksi dengan Jalan Mulawarman yang merupakan akses terdekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

Gerbang tol kedua yakni GT Karang Joang yang terkoneksi dengan Jalan Nasional Soekarno Hatta Km 13 dan Akses Pelabuhan Terminal Peti Kemas Kariangau.

Baca juga  Warga Kukar Temukan Mayat Perempuan Membusuk Didalam Karung

Sebagai informasi, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,99 Km, terbagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi 5 ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 Km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 Km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,30 Km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 Km).

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total 4 gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran. Selain itu, jalan tol ini juga dilengkapi dengan dua Rest Area tipe A yang telah selesai dibangun di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda dan dikelola anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business.

(Tim Redaksi Klausa)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id