Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

6 Motif Batik Hasil Karya Persit Kodim 0906/KKR Dapat Dukungan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kukar

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, Topik Zulfianur, mengungkapkan apresiasi terhadap upaya Persit Kodim 0906/KKR yang berhasil menciptakan enam motif batik dengan inspirasi dari kearifan lokal.

Kegiatan ini berlangsung dalam bentuk workshop membatik yang digelar oleh Persit Kodim 0906/KKR bersama sahabat tuli di Tenggarong, di Aula Kodim 0906/KKR Jalan KH Achmad Muksin, pada Senin (2/10/2023).

Baca juga  Desa Jembayan Kembangkan Pertanian Organik, Siap Pasok Beras ke Pasar

Topik Zulfianur, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, menekankan pentingnya menjaga dan mewariskan budaya batik sebagai kekayaan nasional kepada generasi muda. Ia mengatakan, “Saya dari dinas sangat mengapresiasi kegiatan ini dan meminta ibu-ibu Persit terus berlatih dan menghasilkan ide-ide kreatif karena batik adalah wujud dari ide kreatif yang diwujudkan dalam pakaian.”

Topik juga menyoroti dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Kukar terhadap masyarakat yang menciptakan karya seni dengan mengangkat unsur kearifan lokal, seperti pembuatan batik.

Baca juga  Masyarakat Desa Muara Enggelam Mengandalkan Penghasilan dari Hasil Tangkapan dan Pembudidayaan Walet

“Batik berbudaya lokal ini sangat bernilai, bupati juga sudah memberikan fasilitas dan dukungan finansial untuk masyarakat yang ingin menciptakan karya-karya lokal,” tambahnya.

Selain itu, Topik berharap bahwa motif batik yang telah dihasilkan dapat mendapatkan pengakuan hak cipta, terutama dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (IKN) di Kalimantan Timur oleh pemerintah Indonesia.

Hal ini membuka peluang besar agar karya lokal dapat dikenal secara nasional. “Hasil karya seperti batik ini dapat kita kenalkan sehingga masyarakat kita dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menyambut IKN,” ucapnya.

Baca juga  Polresta Samarinda Berikan 10 Ton Beras kepada warga kurang mampu.

Pada akhirnya, Topik Zulfianur menyampaikan pesan selamat dalam rangka Hari Batik Nasional 2023 dan mendorong masyarakat untuk dengan bangga mengenakan batik sebagai bagian dari kekayaan dan ciri khas Indonesia. “Selamat Hari Batik Nasional 2023,” tambahnya.

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id