Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Dorong Inovasi dan Kreativitas Pemkab Kukar Gelar Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berbahagia. Untuk mencapai visi tersebut, Pemkab Kukar mendorong inovasi dan kreativitas di berbagai bidang, mulai dari pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, hingga ekonomi kreatif. Salah satu bentuk dukungan Pemkab Kukar terhadap inovasi dan kreativitas adalah dengan menggelar Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023, yang berlangsung dari 11 Oktober hingga 8 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, seperti organisasi perangkat daerah, RSUD, kecamatan, kelurahan/desa, BUMDes, puskesmas, sekolah, guru, siswa, petani-nelayan, perempuan, penyandang disabilitas, mahasiswa, dan pemuda.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023 merupakan ajang untuk menampilkan ide-ide inovatif dan kreatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mempercepat pembangunan daerah. Ia juga mengapresiasi kerjasama antara pemerintah kabupaten, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas.

Baca juga  Bantuan Rp 50 Juta per RT, Camat Tenggarong Ingatkan Pentingnya Transparansi

“Kita ingin menciptakan daerah yang inovatif, berdaya saing, dan mandiri. Untuk itu, kita perlu mendorong inovasi dan kreativitas dari semua pihak. Kita juga perlu bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun daerah kita,” kata Edi saat membuka Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023 di Kantor Bupati, Rabu (11/10/2023).

Edi juga menekankan pentingnya gerakan Satu Instansi Satu Inovasi (One Agency One Innovation), yang mewajibkan setiap perangkat daerah atau unit kerja untuk menghasilkan setidaknya satu inovasi pelayanan publik setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menunjukkan peran pemerintah di masyarakat.

Baca juga  Wabup Kukar Ajak Masyarakat Sholawat Bareng di 'Pesisir Bersholawat 2024'

“Kita ingin melihat perubahan positif yang terjadi di semua tingkatan, mulai dari pusat hingga ke desa-desa. Kita ingin masyarakat merasakan manfaat dari inovasi-inovasi yang kita lakukan,” ujar Edi.

Sementara itu, Kepala Brida Kukar Maman Setyawan menjelaskan bahwa tema Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023 adalah “Inovasi dan Kreativitas untuk Akselerasi Mewujudkan Kukar Idaman”.

Kukar Idaman adalah singkatan dari Inovatif, Daya saing dan Mandiri. Ini juga merupakan filosofi pembangunan daerah yang mengoptimalkan seluruh potensi daerah dengan mendorong kreativitas dan inovasi seluruh pelaku pembangunan dalam menciptakan daya saing dan kemandirian daerah yang didasari semangat kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah kabupaten, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat.

Baca juga  Normalisasi Aliran Air dan Bank Sampah, Dua Program Kelurahan Loa Ipuh Hadapi Musim Hujan

“Kami mengundang semua pihak untuk berpartisipasi dalam Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023 ini. Caranya mudah, cukup mendaftarkan inovasinya di website inovasikukarkab.go.id mulai 11-13 Oktober. Kemudian akan ada penilaian inovasi mulai 1-20 November, penentuan nominasi 20 November, verifikasi lapangan 20-26 November, presentasi inovasi 27 November-8 Desember, dan penentuan pemenang,” jelas Maman. (ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id