Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Kadis DPMD : Dua BUMDes di Pedalaman Kukar Sukses Tingkatkan PADes

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar), Arianto, mengaku bangga dengan kinerja dua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di wilayah pedalaman Kukar. Kedua BUMDes ini berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dengan cara yang profesional dan kreatif.

Dua BUMDes yang dimaksud adalah BUMDes Bersinar Desaku di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, dan BUMDes Payang Sejahtera di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu. Kedua BUMDes ini memiliki usaha yang berbeda namun sama-sama menghasilkan laba yang besar.

Baca juga  Program 25 Ribu Nelayan Produktif Telah Capai Target, Edi-Rendi Berharap Bisa Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

“BUMDes Bersinar Desaku mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal di atas Danau Melintang. PLTS ini mampu menyediakan listrik bagi seluruh warga desa. BUMDes ini setiap tahunnya menyumbang PADes sekitar Rp 70 juta hingga Rp 100 juta,” kata Arianto, Jumat (20/10/2023).

“BUMDes Payang Sejahtera menyetor ratusan juta setiap tahun ke kas pemerintah desa setelah dikelola secara profesional. BUMDes ini memanfaatkan potensi perkebunan sawit yang ada di desanya. Mereka juga mengembangkan usaha lain seperti pengolahan sampah dan penyediaan air bersih,” lanjutnya.

Baca juga  Pemkab Kukar Berkomitmen Maksimalkan Reformasi Agraria

Arianto mengungkapkan bahwa kunci sukses kedua BUMDes ini adalah adanya kerjasama antara pemerintah desa, masyarakat, dan pihak terkait. Selain itu, kedua BUMDes ini juga mampu memanfaatkan potensi lokal yang ada di desanya.

“BUMDes Bersinar Desaku memanfaatkan potensi PLTS yang ada di atas Danau Melintang. Ini merupakan inovasi yang luar biasa. BUMDes Payang Sejahtera memanfaatkan potensi perkebunan sawit yang ada di desanya. Ini merupakan usaha yang berkelanjutan,” tuturnya.

Baca juga  Prokom Kukar Sabet Gelar Juara Minisoccer Mahakam CUP 2023

DPMD Kukar berharap bahwa contoh kedua BUMDes ini bisa menjadi motivasi bagi BUMDes lain yang ada di Kukar. Saat ini, ada sekitar 25 BUMDes yang sudah punya laba dan bisa menyumbang PADes.“BUMDes yang punya laba dan menyumbang pendapatan asli desa jadi pertumbuhannya 10% setiap tahun. Awal kemarin kita ukur lebih sudah 29%,” tandas Arianto.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id