Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Wabup Kukar : Kebudayaan Jadi Prioritas di Era IKN

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menegaskan bahwa pelestarian kebudayaan menjadi prioritas utama di era pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di wilayahnya.

Hal ini disampaikannya saat mengikuti acara Genta Nusantara III di Badung Bali, 2-5 November 2023.Acara yang bertema “Mencintai Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa” ini dihadiri oleh budayawan dan pemerhati seni dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga  Turnamen Volly Bupati Kukar 2023 Dimulai, Ini Pesan Bupati Edi Damansyah

Rendi Solihin mengaku bangga dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kukar, mulai dari kesenian, tari tradisional, hingga bahasa.

“Kebudayaan adalah identitas suatu daerah, sudah seharusnya ini dijaga untuk tetap lestari hingga mengakar pada generasi akan datang. Dengan banyaknya kebudayaan yang ada di Kukar meliputi banyak hal, mulai dari kesenian, tari tradisional hingga bahasa, ini tidak boleh luntur sampai kapan pun,” katanya.

Baca juga  Kredit Kukar Idaman, Program Andalan Bupati Edi Damansyah untuk Mensejahterakan Petani, Nelayan, dan Pembudidaya Ikan

Rendi Solihin menilai bahwa kehadiran Kukar di acara Genta Nusantara III ini juga sebagai bentuk komitmen terhadap pelestarian budaya dan kearifan lokal setiap daerah di Indonesia. Ia berharap bahwa acara ini dapat menjadi media untuk saling mengenal dan menghargai keberagaman budaya bangsa.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kukar David Haka yang turut serta dalam acara tersebut mengatakan bahwa Kukar mendapatkan banyak penghargaan dari peserta acara lainnya. Ia mengatakan bahwa Kukar memiliki peluang besar untuk mengembangkan ekonomi kreatif berbasis budaya.

Baca juga  Dari Kekeringan Menuju Kelimpahan: Buah Manis Dedikasi Edi Damansyah untuk Petani Kukar

“Pelestarian budaya setiap daerah sangatlah penting karena dengan adanya budaya yang berbeda-beda di setiap daerah adalah gambaran tentang daerah itu sendiri. Indonesia memiliki banyak suku, bahasa, budaya, kesenian, di sinilah tempat kita saling melestarikan budaya setiap daerah,” ucapnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id