Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Workshop P3PD di Jakarta, Dua Desa dari Kukar Belajar Cara Mengembangkan Desa

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun dan Desa Prangat Baru Kecamatan Marang Kayu menjadi wakil Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam workshop Replikasi Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) Subkomponen 2B, yang digelar pada Senin (6/11/2023) di Hotel Readtop Hotel & Convention center Jakarta.

Workshop ini diikuti oleh 20 desa dari seluruh Indonesia yang terpilih sebagai desa percontohan dalam program P3PD. Program ini bertujuan untuk memberdayakan pemerintah desa dan masyarakat dalam mengelola pembangunan desa secara mandiri, demokratis, dan berkelanjutan.

Baca juga  Desa Jembayan Kembangkan Pertanian Organik, Siap Pasok Beras ke Pasar

Salah satu materi yang dibahas dalam workshop ini adalah Sekolah Lapangan, yang merupakan program eksklusif yang dijalankan oleh Desa Liang Ulu. Sekolah Lapangan adalah program yang mengajarkan masyarakat desa tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembangunan desa, seperti kesejahteraan keluarga, pengembangan SDM, pengembangan UMKM, dan infrastruktur.

“Kami sangat senang bisa mengikuti program Sekolah Lapangan, karena kami bisa belajar banyak hal yang bermanfaat untuk desa kami. Kami juga bisa berbagi pengalaman dan belajar dari desa-desa lain yang mengikuti workshop ini,” kata Mulyadi, Kepala Desa Liang Ulu.

Baca juga  Kades Margahayu dan 19 Kades Lainnya Belajar dari Desa Dongziguan Tiongkok

Selain program Sekolah Lapangan, Desa Liang Ulu juga mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kukar melalui program Kredit Kukar Idaman, yang memberikan pinjaman modal usaha kepada masyarakat dan BUMDES. Salah satu usaha yang sedang digarap oleh Desa Liang Ulu adalah pengolahan daun kratom atau daun ke damba menjadi serbuk teh.

“Produk ini sudah mulai laku di pasaran, dan kami berencana untuk memperluas pemasarannya ke pasar-pasar moderen. Kami berharap produk ini bisa menjadi salah satu ciri khas Desa Liang Ulu dan sumber pendapatan asli desa,” ucapnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Baca juga  Kukar Idaman, Program Unggulan yang Membawa Kesejahteraan dan Kebahagiaan Masyarakat

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id