Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

ASN Kukar Tahun 2023: Kompetensi Digitalnya Cukup Baik, Tapi Belum Maksimal

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengumumkan hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023.

Hasilnya, skor indeks ASN Kukar tahun 2023 mencapai 2,3 dari skala 4, yang artinya tingkat kemampuan digital ASN Kukar cukup baik secara umum, tapi belum maksimal.Pengukuran indeks ini dilakukan pada populasi ASN Kukar berjumlah sekitar 12.500 orang terdiri dari PNS dan PPPK dengan menggunakan framework Digcomp atau Digital Competence Framework for Citizens yang dikembangkan oleh European Comission.

Baca juga  Kadinkes kukar: Rumah Sakit Muara Badak Akan Selesai Dibangun Tahun ini

Framework ini mengukur lima area kompetensi digital, yaitu informasi dan data, komunikasi dan kolaborasi, penciptaan konten digital, keselamatan, dan pemecahan masalah.

Hasil pengukuran tersebut diperoleh dari 94 unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar, terdiri dari tujuh badan, 24 dinas, satpol PP, dua Setda dan Setwan, 18 kecamatan, tiga RSUD dan 18 Puskesmas, 20 UPT Pendidikan, dan Inspektorat.

Dari hasil tersebut, terlihat bahwa area kompetensi digital yang paling unggul adalah komunikasi dan kolaborasi, sedangkan yang paling lemah adalah penciptaan konten digital. Kepala BKPSDM H. Rakhmadi, mengatakan, pengukuran indeks ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kompetensi digital ASN Kukar agar pelayanan publik meningkat secara kualitas dan kuantitas.

Baca juga  Di Bawah Kepemimpinan Edi - Rendi Pemkab Kukar Tuai Pujian Warga Karena Sejahterakan Petani

“Kami berharap, hasil IKD ini dapat menjadi pondasi untuk meningkatkan kompetensi digital ASN Kukar agar pelayanan publik meningkat secara kualitas dan kuantitas,” ujar Rakhmadi.

Rakhmadi juga mengatakan, dengan adanya peningkatan kompetensi digital ASN Kukar, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Kukar.

“Tentunya dengan adanya peningkatan kepuasan publik akan terwujud peningkatan kepercayaan publik terhadap pelayanan pemerintahan,” ujar Rakhmadi.

Baca juga  Disdukcapil Kukar Jemput Bola Aktivasi IKD, Ini Manfaatnya

Pengukuran indeks ini merupakan bagian dari inisiatif Tenggarong Project yang bertujuan untuk mengakselerasi transformasi digital di Kabupaten Kutai Kartanegara. Inisiatif ini terbuka lebar bagi para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dan berkolaborasi demi peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan dan tingkat kepercayaan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id