Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Festival Topeng Nusantara 2023 : Menyelami Misteri Topeng Kutai dan Dayak

Kutai Kartanegara – Faktaborneo.com – Festival Topeng Nusantara (FTN) Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2023 resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadi Raharjo pada Kamis (9/11/2023) malam. Acara ini merupakan kolaborasi antara Dispar Kukar dan Solo International Performing Arts (SIPA) dengan tema “Mystical Mask of Nusantara”.

FTN 2023 menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti talkshow, performing art, workshop tari tradisional, dan bazar UMKM. Selama tiga hari, dari 9-11 November, pengunjung dapat menyaksikan berbagai tarian topeng dari seluruh nusantara, khususnya dari Kutai dan Dayak.

Baca juga  Seminar kewirausahaan Dispora Kaltim Dan Kukar hadirkan Co-faunder Setia Group sebagai Narasumber

Tarian topeng dari Kutai dan Dayak merupakan warisan budaya yang jarang ditampilkan di acara-acara umum.

Melalui FTN 2023, Dispar Kukar berharap dapat meningkatkan wawasan dan minat masyarakat terhadap seni topeng tradisional ini.

“Kami berharap, kita bersama-sama menjaga adat istiadat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dengan cara melestarikan nilai-nilai seni dan budaya, adat istiadat sebagai upaya untuk menjaga agar warisan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya tidak tergerus oleh kemajuan zaman dan budaya asing yang masuk tanpa dapat dikendalikan,” ujar Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dispar Kukar sekaligus ketua panitia FTN 2023.(ADV/Diskominfo Kukar)

Baca juga  6 Motif Batik Hasil Karya Persit Kodim 0906/KKR Dapat Dukungan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kukar

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id