Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Kendala dan Harapan Desa Sebulu Ulu Kukar dalam Pembangunan Pertanian dan Infrastruktur

Faktaborneo.com, Kutai Kartanegara – Desa Sebulu Ulu, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi besar dalam bidang pertanian, namun masih mengalami kendala dalam mengembangkannya. Desa ini juga telah mendapatkan bantuan dana pemerintah untuk membangun infrastruktur dan air bersih, namun masih membutuhkan dukungan lebih lanjut.

Kepala Desa Sebulu Ulu, Zul Haidir, mengungkapkan bahwa desa ini memiliki lahan pertanian seluas lima hektar di belakang kantor desa. Desa ini sempat menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola lahan tersebut dengan sistem pertanian modern, namun belum berhasil.

Baca juga  Kecamatan Tenggarong Seberang Siap di Mekarkan Sesuai Arahan Bupati Kukar

“Kami mau mempergunakan satu hektar sebagai contoh buat pertanian, tapi tidak berhasil. Masyarakatnya kurang antusias, karena mereka sudah terbiasa dengan pertanian tradisional,” jelas Zul Haidir, Sabtu (4/11/2023).

Zul Haidir berharap pemerintah pusat dan daerah dapat memberikan bantuan dan fasilitasi untuk mengembangkan potensi pertanian di desa ini. Ia juga berharap masyarakat dapat lebih terbuka dan mau belajar hal-hal baru.

Baca juga  Pemkab Kukar Segara Salurkan Bantuan UMKM di Kutai Kartanegara

Di sisi lain, desa ini juga telah mendapatkan bantuan dana alokasi desa (ADD) dan dana aspirasi anggota dewan untuk membangun infrastruktur dan air bersih. Dengan dana tersebut, desa ini telah membangun jalan, gedung Badan Permusyawaratan Desa (BPD), PKK, LPN, Karang Taruna, dan fasilitas olahraga seperti gedung bulu tangkis dan mini soccer.

“Alhamdulillah, pembangunan jalan sudah hampir selesai, tinggal 600 meter lagi yang tersisa dari desa sini menuju desa Sebulu Modern. Di akhir tahun mudah-mudahan selesai,” tutur Zul Haidir.

Baca juga  Kelurahan Loa Ipuh Teguhkan Perlawanan Terhadap Banjir dengan Peningkatan Infrastruktur Drainase

Desa ini juga telah mendapat perbaikan dari PDAM, sehingga air bersih sudah lancar mengalir. Desa ini juga telah membangun penampungan air bersih untuk memenuhi kebutuhan lima desa di sekitarnya.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah membantu kami. Kami berharap desa kami bisa lebih maju dan sejahtera,” pungkas Zul Haidir.(ADV/Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id