Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Desa Buana Jaya Kukar Atasi Sampah dengan Tim Sukarela, Buka Peluang Kerja

Faktaborneo.com, Kutai Kartanegara – Desa Buana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur, memiliki tim pengelola sampah yang dibentuk secara suka rela oleh masyarakat. Tim ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah yang menumpuk di desa tersebut.

Kepala Desa Buana Jaya, Frend Effendy, mengatakan bahwa tim pengelola sampah ini tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, tetapi juga membuka peluang pekerjaan baru bagi warga.

Baca juga  Desa Muara Muntai Ilir Alami Kemajuan Signifikan Pada Perekonomian Masyarakat

“Tim ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah menjadi bahan baku yang bernilai ekonomis,” kata Frend Effendy.

Tim ini melakukan berbagai langkah untuk mendorong partisipasi masyarakat, seperti sosialisasi, pendataan sampah, dan penyediaan fasilitas pengumpulan yang mudah dijangkau.

“Partisipasi masyarakat bukan hanya tentang menciptakan kesadaran, tapi juga menggali potensi lapangan kerja baru dalam pengelolaan sampah,” ujar Frend Effendy.

Baca juga  Pemkab Kukar intensifkan Program Penanganan Stunting melalui Penguatan Posyandu

Selain itu, Frend Effendy juga menekankan pentingnya membangun sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi dan memberikan apresiasi serta insentif bagi masyarakat yang berperan aktif.

“Melibatkan masyarakat adalah kunci keberlanjutan dalam penanganan sampah dan menciptakan dampak positif jangka panjang,” pungkasnya. (adv/diskominfo kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id