Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Komisi III DPRD Samarinda Samri Usulkan Evaluasi Rancangan Perda Kota Samarinda, Tuju Hasil Konkret Penerapan Perda.

Faktaborneo.com – Samarinda – Anggota Komisi III DPRD Kota samarinda Samri shaputra katakan perlunya ada evaluasi secara menyeluruh terhadap Peraturan Daerah (Perda) Kota Samarinda. Menurut Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota samarinda tersebut, pembuatan peraturan itu mudah, namun bisa jadi masih banyak kemungkinan tidak sesuai dan ‘miskin’ dalam proses penegakannya.

“Membuat aturan itu lebih mudah dari menerapkan. Bisa jadi dalam proses penegakannya aturan masih banyak yang bolong,” ucap Samri.

Baca juga  Anggota Komisi II DPRD Samarinda Abdul Rohim Mendorong Upaya Preventif dan Kuratif Dalam Stabilitas Harga Pasar

Sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Samarinda menegaskan, dalam mekanisme perencanaan mebuatan peraturan, aspek perdiapan, pertimbangan dan oerkembangan Perda di seriap tahunnya sangat dibutuhkan.

“Aturan harus efektif. Penting untuk tidak hanya mencipatakan aturan, tetapi memastikan bahwa atuean tersebut tepat sasaran dan berjalan dengan baik dalam pelaksanaannya,” tegas Samri.

Baca juga  Momentum Hari Sumpah Pemuda, Novan Syahronny Beri Pesan Kepada Generasi Muda

Politisi PKS itu lebih sepakat dengan ketersediaan Perda yang sedikit, akan tetapi efektif dalam pelaksanaannya. Menurutnya, rancangan peraturan harus berkualitas dari segi peruntukan dan pelaksanaan dilapangan.

“Diperpustakaan saat ini full dengan Perda sekarang kita nambah lagi 1 lemari untuk menyimpan perda. Percuma banyak menurut saya, kalau tidak bermanfaat,” ungkapnya.

Pada dasarnya, harapan atas usulan evaluasi Perda ini ialah untuk memunculkan solusi konkret untuk meningkatkan kualitas Peraturan Daerah di Kota Samarinda.

Baca juga  Menjelang Ramadhan, DPRD Kota Samarinda Akan Pantau Ketersediaan Gas LPG, Pastikan Harga Tetap Aman.

“Ini juga untuk memastikan implementasinya yang efektif demi kesejahteraan masyarakat Kota Samarinda,” tandasnya. (ADV DPRD Samarinda)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id