Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Dinas Perkebunan Kukar Dorong Pertumbuhan Perkebunan Coklat di Loa Kulu dan Kota Bangun

Faktaborneo.com  – Kutai Kartanegara – Dalam upaya meningkatkan produksi coklat di Kecamatan Loa Kulu dan Kota Bangun, Dinas Perkebunan (Disbun) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan pendampingan kepada petani coklat.

Kepala Dinas Perkebunan Kukar, Muhammad Taufik, menekankan, pentingnya antisipasi terhadap faktor-faktor potensial yang dapat mempengaruhi hasil panen, seiring dengan instruksi Bupati Kukar.  

Baca juga  Kadispora Kukar Dukung Penuh Atlet Kempo Kukar dalam Mengikuti Kejuaraan Internasional

“Pada perkebunan coklat ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi petani gagal panen seperti hama dan lainnya,” teranginap Muhammad Taufik pada, Senin (11/03/2024).  

Dirinya juga menjelaskan, di Desa Jonggon Kecamatan Loa Kulu mempunyai luasan lahan sekitaran 120 hektar (H), namun lahan idealnya memiliki luasan 300 H  

“Alhamdulillah untuk produksi Kakau selama ini berjalan dengan baik,” katanya  

Baca juga  Minimalisir Kecelakaan Pelajar, Wabup Rendi Solihin Dukung Bus Sekolah di Kukar

Dengan demikian, Pemerintah Daerah (Pemda), mempunyai komintmen dalam hal memajukan serta mendukung sektor perkebunan coklat di Kukar.

“Adapun bentuk dukungan yang diberikan yakni menyediakan obat hama dan lainnya. Kita terus dorong pengembangan coklat di Kukar, seperti di Kota Bangun,” ungkapnya.  

Taufik juga menambahkan, kalau Coklat ini sangat diminati oleh banyak orang. Sehingga untuk pemasarannya juga sangat mudah dan harganya stabil. Selama ini para petani Cokltat menjual hasil kebunnya ke Samarinda.  

Baca juga  Evaluasi APBDes dan APBDes Perubahan, Camat dan Operator Siskeudes Kukar Dapat Pelatihan

“Jadi pemerintah daerah tak hanya fokus pada produksi saja, tapi juga memikirkan hasil produk tersebut akan dijadikan apa dan dijual kemana,” pungkasnya. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id