Search
Close this search box.

Jumat, 20 September 2024

Desa Kerta Buana, Tenggarong Seberang: Menuju Destinasi Wisata Budaya Baru di Kukar

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Desa Kerta Buana, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, akan menjalani transformasi menjadi destinasi wisata yang menarik di Kutai Kartanegara (Kukar).

Dengan mayoritas penduduknya berasal dari Pulau Bali, desa ini diharapkan akan menjadi tujuan wisata yang menarik, sekaligus memperkaya ragam budaya di daerah tersebut.

Kepala Desa (Kades) Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki, menyatakan komitmennya untuk mencontoh konsep pengembangan wisata yang sudah sukses diterapkan di beberapa desa di Bali.

Baca juga  Pertama di Indonesia, Kabupaten Kutai Kartanegara Susun Indeks Kompetensi Digital ASN 2023

“Saya ingin Kerta Buana mencontoh desa-desa di Bali terkait pengembangan wisatanya,” ujar Dewa pada, Kamis (04/04/2024).

Ia terinspirasi, oleh kesuksesan Desa Penglipura di Bali. Desa Kerta Buana juga memiliki potensi untuk menjadi daerah yang kaya akan wisata dan kebudayaannya.

“Kembangkan pariwisata lokal maka, pengunjung lebih  banyak mengenal Desa Kerta Buana.” Ucapnya

Baca juga  Desa Embalut Kukar Berikan Beasiswa dan Umroh Gratis bagi Penghafal Al-Quran

Dalam upaya mewujudkan impian tersebut, Dewa menyatakan, bahwa pihaknya akan melakukan pendekatan kepada masyarakat setempat. Dengan melibatkan seluruh warga, ide untuk menjadikan Desa Kerta Buana sebagai destinasi wisata bisa terwujud.

“Saya yakin dengan adanya kerjasama antara Pemdes dan seluruh warga, kita dapat mewujudkan impian itu,” katanya penuh dengan semangat.

Terkahir, Dewa menegaskan, sebagai langkah awal, pihak desa telah membangun beberapa fasilitas di lokasi yang telah ditentukan. Saat ini, proses pembangunan pondasi sepanjang 300 meter tengah dilakukan.

Baca juga  Wabup Kukar Ajak Masyarakat Sholawat Bareng di 'Pesisir Bersholawat 2024'

“Rencananya, wilayah ini akan dijadikan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya. Kemudian ada gapura kecil juga sudah dibangun,” tandasnya. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id