Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Wali Kota Samarinda Andi Harun Lantik Ulang 148 Pejabat Struktural di Pemkot Samarinda

Faktaborneo.com – SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Andi Harun memimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah atau Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrasi di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Selasa (14/5/2024).

Sebanyak 148 pejabat struktural dilantik dalam kegiatan ini, sementara pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama masih menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wali Kota Samarinda, Andi Harun menjelaskan pelantikan ini seharusnya sudah dilakukan pada 22 Maret 2024. Namun, pelantikan tersebut dibatalkan karena adanya Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang melarang mutasi, rotasi  tanpa izin Kemendagri dalam masa enam bulan sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Baca juga  Barikade 98 dorong Aktivis 98 Kaltim bangun Jaringan dan Pengembangan Ekonomi

“Berdasarkan UU (Undang-Undang) pelantikan pejabat di lingkungan pemerintah, itu dilakukan terakhir enam bulan sebelum penetapan nama calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,” kata Andi Harun.

Dijelaskannya bahwa pejabat yang dilantik ulang kali ini tetap sama dengan formasi yang dilantik pada 22 Maret lalu, yang tentunya telah sesuai dengan arahan Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Baca juga  Walikota Samarinda Andi Harun Sampaikan Rencana Membangun Ketahanan Iklim, jadi Proyek Pertama di Samarinda Kaltim

“Dalam surat dijelaskan bahwa apabila ada Pemda (Pemerintah Daerah) yang melakukan pelantikan setelah tanggal 21 Maret harus dibatalkan, maka saya batalkan karena kita harus patuh,” jelasnya.

Andi Harun juga menyatakan pentingnya sumpah atau janji yang diucapkan oleh para pejabat, yang bukan hanya terhadap Pemkot Samarjnda, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga  Putri Mahyudin Mundur dari PAN, Lantaran Kecewa Dukungan Diberikan ke Rudy Mas'ud Seno Aji

“Saya harap para pejabat yang dilantik kali ini dapat menempati jabatan yang baru sebagai bentuk pengayaan dan peningkatan wawasan,” tutupnya (ADV Diskominfo Samarinda)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id