Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Kecamatan Loa Kulu dan Otorita IKN Berkolaborasi Tingkatkan Potensi Ekonomi Lokal

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Tim Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melakukan kunjungan ke Kecamatan Loa Kulu dengan tujuan mendiskusikan pendataan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal guna memperkuat ekonomi di wilayah tersebut.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah, menyambut kunjungan ini sebagai langkah strategis untuk menjadikan kecamatan tersebut mitra penting bagi IKN, khususnya Desa Jonggon dan Sungai Payang.

Baca juga  Ini Himbauan Pemkab Kutai Kartanegara Tentang Tata Krama Belimbur Erau Adat Pelas Benua 2023

“Data UMKM dari 15 desa Kecamatan Loa Kulu telah kami sampaikan kepada tim Otorita IKN, kini pihak kami menginstruksikan kepada desa-desa agar memperbaharui data UMKM mereka masing-masing,”  jelas Ardiansyah saat diwawancarai pada Sabtu (27/04/2024).

Ia juga memaparkan, bahwa Pemerintah Kecamatan Loa Kulu akan berpartisipasi dalam program ketenagakerjaan yang dijalankan oleh IKN di wilayah tersebut.

Baca juga  Kukar Raih Penghargaan Adinkes 2023, Wabup Rendi Solihin Apresiasi Keberhasilan Nakes

Lanjutnya, potensi ekonomi yang beragam di kecamatan tersebut, mulai dari produksi kue oleh UMKM lokal, hingga sektor perikanan dan pertanian.

“Bantuan yang diberikan Bupati melalui Dinas Koperasi, seperti alat-alat pembuatan kue, telah memberikan dampak positif yang besar bagi pertumbuhan ekonomi di Loa Kulu,” tambahnya.

Diakhir sesi, Ardiansyah mengatakan dengan adanya kolaborasi pemerintah dan masyarakat akan menghasilkan pencapaian yang optimal terutama dalam pengembangan ekonomi loka.

Baca juga  Sarapan Sehat dan Tablet Penambah Darah, Cara Dinkes Kukar Cegah Stunting pada Balita

“Harapan kami kedepannya masyarakat dapat bersinergi dalam hal peningkatan ekonomi lokal agar mencapai kesejahteraan bersama,” harapnya. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id