Search
Close this search box.

Kamis, 19 September 2024

Pemkab Kukar Dorong UMKM Kukar Tingkatkan Kreativitas Produk Lokal

Faktaborneo.com – KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan dorongan kuat kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas produk lokal.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menegaskan pentingnya meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan produk lokal agar dapat dikenal lebih luas di luar daerah.

Langkah ini, akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat daya saing UMKM Kukar di pasar regional maupun nasional.

Baca juga  Program PPE Bantu Kesejahteraan Petani di Desa Rapak Lambur

“Sebagai contoh, di Tenggarong Seberang, kue khasnya yaitu jajak keroncong sudah mulai populer di kalangan masyarakat luas,” ungkap Rendi Solihin pada Kamis (02/05/2024).

Dia menegaskan, bahwa setiap kecamatan di Kukar memiliki keunikan sendiri dalam hasil produksinya, seperti hasil perikanan dan pertanian. Pelaku UMKM diharapkan dapat mengolah hasil tersebut menjadi makanan dengan ciri khas daerahnya.

Misalnya, daerah yang memiliki hasil perikanan dapat mengolahnya menjadi amplang, kerupuk, dan produk makanan lainnya. Ini penting untuk meningkatkan daya tarik dan nilai jual produk.

Baca juga  Dorong Kukar Swasembada Pangan, Wabup Kukar Salurkan Alsintan Kepada Belasan Gapoktan

Maka dari itu, Rendi menekankan pentingnya inovasi bagi para pelaku UMKM agar dapat bersaing dan berkembang lebih maju di pasar.

“Kami berharap para pelaku UMKM dapat menghasilkan inovasi untuk meluncurkan produk yang baru dan juga kita perlu menghindari kecenderungan semua orang membuat produk yang sama,” jelasnya.

Selain itu, Rendi mengungkapkan bahwa bantuan kredit dari Kukar Idaman siap membantu para pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha. Program ini menawarkan kredit tanpa bunga dan tanpa agunan melalui Bankaltimtara.

Baca juga  Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Tenggarong Ke-11 Tahun 2024 Dirayakan Meriah di Kelurahan Jahab

“Semoga bantuan ini dapat membantu pelaku UMKM dalam memulai atau mengembangkan usaha mereka, sehingga ekonomi lokal dapat meningkat dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat,” tandasnya. (ADV Diskominfo Kukar)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print

Berita terupdate ada juga di Benuanta dan Prolog.co.id